Soal Hormat Bendera, MUI Jatim tak Melarang

SURABAYA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur tidak mengharamkan umat Islam menghormati bendera Merah-Putih dalam kegiatan upacara. “Penghormatan kepada bendera itu
sebagai bentuk disiplin dalam melaksanakan upacara. Selain itu, bendera kebangsaan merupakan lambang pemersatu bangsa,” kata Ketua MUI Jatim, Abdusshomad Buchori, kepada wartawan di Surabaya, Ahad (27/3).

Menurut dia, apabila lambang negara itu ternoda, maka rakyat Indonesia pun siap berani mati membelanya. “Bayangkan, kalau bendera bangsa kita dibakar, kita pasti akan marah. Karena itu menyangkut harga diri suatu negara, maka harus kita jaga dan kita hormati,” katanya.

Meskipun demikian, dia mengingatkan bahwa penghormatan kepada bendera itu tetap dalam kerangka pemikiran sebagai lambang negara, bukan sebagai upaya pengkultusan. “Kalau sekadar menghormat saja tidak apa-apa, karena itu lambang negara. Yang diharamkan itu, apabila meyakini dan menyembah bendera,” katanya.

Pernyataan tersebut dilontarkan Kiai Shomad untuk menanggapi pernyataan Ketua MUI pusat, KH A Cholil Ridwan yang mengharamkan umat Islam memberi hormat kepada bendera dan lagu kebangsaan. Bahkan, dia tidak percaya dengan pernyataan Kiai Cholil yang marak diberitakan sejumlah media massa.

“Kami melihatnya itu sebagai pernyataan pribadi, bukan fatwa MUI karena biasanya sebelum mengeluarkan fatwa, MUI terlebih dahulu melakukan kajian dengan melibatkan berbagai pihak,” kata Kiai Shomad.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh pemberitaan mengenai hukum haram penghormatan kepada bendera Merah-Putih.

Meski Miskin, Sudan Berikan Hadiah Untuk Mesir 5.000 Sapi

Sudan akan mulai mengirim 5.000 sapi yang dijanjikan sebagai hadiah untuk Mesir pekan depan, kementerian luar negeri mengatakan pada hari Sabtu kemarin (26/3), beberapa saat menjelang kunjungan dua hari Perdana Menteri Mesir Essam Sharaf ke Sudan.

“Selama perjalanan terakhir ke Mesir (pada awal Maret), Presiden Omar al-Bashir mengumumkan bahwa ia akan memberikan Mesir 5.000 sapi sebagai hadiah,” kata Jurubicara kementerian luar negeri Khalid Musa kepada AFP.

“Kami akan mulai mengirim sapi pada hari Senin depan. Akan ada upacara terlebih dahulu di al-Qadaru di Khartoum utara,” sebelum Sharaf berangkat ke pusat kota selatan Juba, Musa menambahkan.

Sharaf, yang diangkat oleh militer bulan ini sebagai perdana menteri setelah mundurnya Presiden Hosni Mubarak pada Februari lalu, juga menjadi kepala delegasi Mesir yang akan mencakup menteri pertanian, luar negeri dan irigasi.

Perjalanan rombongan menteri Mesir ini datang hanya tiga minggu setelah Bashir menjadi pemimpin Arab pertama yang mengunjungi Kairo sejak Mubarak digulingkan setelah aksi protes selama berminggu-minggu berlangsung di sana.

Sudan adalah sekutu penting bagi Mesir dalam upayanya untuk memblokir inisiatif oleh negara-negara hulu Nil yang akan memungkinkan mereka untuk melaksanakan irigasi dan proyek pembangkit listrik tenaga air tanpa terlebih dahulu mendapat persetujuan Kairo.

Baik Mesir dan Sudan telah menyatakan bahwa pasokan vital air akan berbahaya jika negara-negara hulu dapat mengalihkan aliran sungai tanpa konsultasi multilateral.

Mesir, sementara itu, telah menjadi sekutu utama Sudan, dan Bashir secara khususnya, yang dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas tuduhan kejahatan perang dan genosida di Darfur.

Meskipun memiliki hubungan akrab dengan Mubarak, Bashir dengan cepat mengucapkan selamat kepada rakyat Mesir ketika mereka berhasil mengusir pemimpin veteran itu bulan lalu, menyebut jatuhnya Mubarak sebagai “kemenangan” revolusi mereka.

Rusia: NATO Bisa Terseret Perang Besar

NATO bisa terseret ke dalam sebuah perang berskala penuh di Libya, seperti yang dilancarkan di Iraq dan Afghanistan, demikian kata duta besar Rusia kepada pasukan sekutu, Sabtu (26/3).

NATO telah memegang kendali embargo senjata atas Libya dan pekan lalu setuju untuk memimpin pelaksanaan zona larangan terbang , tapi Washington memegang kontrol pelaksanaan serangan udara untuk melawan Muammar Qadhafi dan pasukan pendukungnya.

Amerika Serikat berharap melepaskan kontrol serangan udara sesegera mungkin dan pada hari Jumat mengatakan bahwa ia ingin NATO mengambil alih kendali itu, meski hal iu masih dibicarakan.

“Sebagaimana yang kami perkirakan, NATO tenggelam dan semakin tenggelam ke dalam perang perang di Afrika Utara,” kata utusan Rusia untuk NATO Dmitri Rogozin kepada kantor berita Interfax.

“Pernyataan-pernyataan yang kami dengar hari ini dari anggota NATO dan sekutu seluruhnya bisa menarik blok ini ke dalam operasi berskala penuh di wilayah Libya, yang mana artinya AS dan sekutu-sekutu terdekatnya bisa tenggelam ke dalam perang ketiga, di samping Iraq dan Afghanistan.”

Rusia mendukung sanksi PBB atas Qadhafi dan pemerintahnya awal bulan ini, namun bersikap abstain di Dewan Keamanan PBB saat pemungutan suara pemberian mandat pelaksana zona larangan terbang kepada pasukan sekutu Barat.

Presiden Rusia telah menyampaikan keprihatinan atas kemungkinan jatuhnya korban tewas dari warga sipil, dan mengatakan kepada Presiden AS Barack Obama lewat telepon bahwa hal seperti itu harus dicegah.

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin mengambil sikap yang lebih tegas, dia menyamakan resolusi PBB atas Libya dengan seruan Perang Salib di abad pertengahan.*

Keterangan foto: Kelompok komunis Rusia memprotes serangan udara pasukan internasional atas Libya di depan Konsulat AS di kota St. Petersburg, Jumat (25/3). [AP]

2012, Sumbar Terapkan Pendidikan Berkarakter

Sumatera Barat (Sumbar) akan menerapkan pendidikan berkarakter bagi siswa pada tahun 2012 mendatang. Meski sempat direncanakan realisasi pada 2011 ini, tapi diundur karena program tersebut belum dianggarkan dalam APBD 2011.

“Kita akan terapkan pendidikan berkarakter di Sumbar pada 2012 mendatang. Penerapan tersebut guna mengembangankan kognitif, afektif dan psikomotor dari peserta didik,” jelas Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat ditemui usai menghadiri Forum Bypass di TVRI Sumbar, Sabtu (26/03).

Dikatakan Irwan, pendidikan berkarakter tersebut nantinya diharapkan bisa membuat para siswa tidak lagi hanya memiliki kecerdasaan intelektual. Namun juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Sumbar, Burhasman Boer, bahwa pendidikan berkarakter untuk saat ini diberikan kepada para siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Saat ini untuk memulai mendirikan sekolah model pendidikan berkarakter, Pemerintah Daerah Sumbar baru bisa mengalokasikan 12,5 Miliar Rupiah.

Tapi untuk mengembangkan program ini secara maksimal dibutuhkan anggaran senilai 110 Miliar Rupiah. Nantinya masing-masing sekolah yang terpilih untuk diterapkan pendidikan berkarakter akan mendapat bantuan senilai 55 Juta Rupiah. Sebagai dana pelaksanaan kegiatan pengembangan karakter peserta didik.

Sekolah model yang akan menyelenggarakannya tersebar di 19 kabupaten/kota di Sumbar. Tiao daerah hanya memiliki satu sekolah model untuk menjalankan program ini.Sekolah penyelenggara pendidikan berkarakter tersebut ialah SMAN 1 Padang, SMAN 1 Padang Panjang, SMAN 2 Pariaman, SMAN 1 Bukittinggi, SMAN 1 Payakumbuh, SMAN 1 Solok, SMAN 1 Sawahlunto, SMAN 1 Lubuk Alung Padang Pariaman, SMAN 3 Batusangkar Tanah Datar, SMAN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok, SMAN 1 Sijunjung, SMAN 2 Painan Pesisir Selatan, SMAN 1 Suliki Limapuluh Kota, SMAN 1 Pasaman Barat, SMAN 1 Lubuk Sikaping Pasaman, SMAN 1 Pulau Punjung Dharmasraya, SMAN 1 Solok Selatan, SMAN 1 Lubuk Basung Agam dan SMAN 2 Sipora Kepulauan Mentawai.