PLN Gelar GRASS Targetkan Sambungkan Listrik 21.000 Pelanggan

PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan (GRASSS) tahap 2, Jum’at (17/06). GRASSS kali ini merupakan lanjutan dari GRASSS yang juga digelar pada Oktober 2010 lalu. Pada saat itu PLN berhasil menyanbungkan listrik kepaa 18.700 pelanggan.

Lewat siaran pers yang diterima padangmedia.com, dalam GRASSS tahap 2 ini PLN menargetkan bisa menyambungkan listrik ke 21.000 pelanggan. Sehingga PLN Sumbar punya ratio elektrifikasi 73,4 persen. Angka itu meningkat dari ratio sebelumnya yang hanya mencapai 69 persen.

Pada GRASSS kali ini PLN berupaya untuk memenuhi penyambungan yang telah masuk dalam daftar tunggu rumah tangga. Sebab cukup banyak pelanggan baru yang masih menunggu sambungan listrik baru pada GRASSS tahap satu. Hal ini karena adanya keterbatasan daya pembangkit, perlunya perluasan jaringan dan trafo yang overload.

Tapi pada GRASSS tahap 2 ini PLN berupaya memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan mengupayakan pembangkit PLTU maupun Diesel. Serta menambah kapasitas pembangkit. Juga melakukan perluasan jaringan distribusi listrik yaitu Express Feeder dari GI Padang Luar-GH Jirek sepanjang 9,4 kms.

Sehingga pada GRASSS tahap 2 ini, terjadi peningakatan kualitas mutu tegangan di daerah Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman dan penambahan gardu distribusi sebanyak 234 buah atau setara dengan 17.460 kVA.