MENGINTIP PERSIAPAN WISUDA ANGKATAN I POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PAYAKUMBUH

MENGINTIP PERSIAPAN WISUDA ANGKATAN I

POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PAYAKUMBUH

 

 

Kabupaten Limapuluh Kota, Hari Sabtu tanggal 19 September 2015 akan menjadi catatan sejarah bagi Kampus Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Setelah resmi berdiri sendiri dan menyatakan diri berpisah dari Universitas Andalas (UNAND), pada besok pagi (Sabtu/19 September), kampus tertua di Payakumbuh dan Limapuluh Kota ini akan mewisuda 399 orang mahasiswanya.

Berbagai persiapan dilakukan untuk kesuksesan pelaksanaan Wisuda Angkatan I (pertama) Kampus Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh ini. Mulai dari hari kemaren (Kamis/17 September) hinggan jum’at ini, berbagai persiapan dilakukan oleh panitia pelaksananya, mulai dari tempat, rangakaian acara hingga persiapan seluruh Wisudawan/ti.

Walaupun sudah terbiasa dan sudah tidak asing lagi, tetap saja Pelaksanaan Wisuda Angkatan I ini akan member kesan dan warna tersendiri bagi kampus berlokasi di Tanjung Pati ini.

Tercatat sebanyak 399 orang mahasiswa akan diwisuda untuk tahun ini dan berdasarkan informasi yang diperoleh Safasindo Fm dapat diinformasikan komposisi jumlah Wisudawan/ti dari 10 Program Studi (Prodi) yang di Kampus Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh:

1. Program Studi Agribisnis Pertanian                        : 49 Mahasiswa

2. Program Studi Peternakan                                     : 24 Mahasiswa

3. Program Studi Hortikultura                                     : 45 Mahasiswa

4. Program Studi Manajemen Produksi Pertanian     : 37 Mahasiswa

5. Program Studi Budi Daya Tanaman Pangan         : 46 Mahasiswa

6. Program Studi Budi Daya Tanaman Perkebunan : 43 Mahasiswa

7. Program Studi Manajemen Perkebunan                : 43 Mahasiswa

8. Program Studi Tekhnologi Pangan                        : 32 Mahasiswa

9. Program Studi Tata Air Perkebunan                      : 29 Mahasiswa

10. Program Studi Manajemen Produksi Pertanian   : 45 Mahasiswa

 

‚ÄúGambaran rangkaian Acara yang kami peroleh, untuk besok setelah acara Wisuda di GSG (Gedung Serba Guna) Akan dilanjutkan untuk acara pelepasan Wisuda di Jurusan Masing-masing‚ÄĚ demikian Khoiruddin menjawab ketika dikonfirmasi oleh Safasindo Fm

 

Sebagai Tambahan Informasi yang akan menyampaikan kata sambutan mewakili para Wisudawan/ti yaitu Ferdi Yunus, S.St dari jurusan Manajemen Produksi Pertanian. Sedangkan peraih IPK tertinggi untuk program D3 yaitu Siska Hayani, A.Md dengan IPK terakhir 4,00 ari Prodi Agribisnis dan untuk program D4 diraih oleh Neti, S.St. (Alt) toga

BIRO BINSOS LATIH 100 ORANG IMAM MASJID SE-SUMBAR

BIRO BINSOS LATIH 100 ORANG

IMAM MASJID SE-SUMBAR

 

 

Padang, Imam adalah panutan di masyarakat, baik untuk urusan keagamaan maupun kemasyarakatan. Imam punya tugas memberikan teladan pada masyarakat untuk memakmurkan, menggelorakan, dan mengaktifkan masjid dalam rangka meningkatkan takwa kepada Allah SWT.

Di masjid, imam jadi panutan. Dan jamaah harus merasa nyaman, harus merasa ada jaminan bahwa shalat kita insya Allah diterima Allah SWT.

Imam bertanggungjawab pada sah atau tidaknya shalat semua jamaah. Oleh karena itu untuk mewujudkan hal tersebut, pada Tahun 2015 ini Biro Binsos Provinsi Sumatera Barat gelar Pelatihan Imam Masjid se Sumatera Barat yang bertempat di Gedung BPM Jalan Pramuka No 13 Padang.

Adapun Tema yang diangkat panitia yaitunya ‚ÄúMelalui Pelatihan Imam Masjid Se Sumatera Barat Tahun 2015 Kita Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas Imam Masjid Di Tengah Masyarakat‚ÄĚ.

Acara Pelatihan Imam Masjid yang dilaksanakan sebanyak II Angkatan ini, langsung dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekretariat Provinsi Sumatera Barat, Ir. Syafrudin. Dalam sambutannya Ir. Syafruddin mengatakan sangat apresiasi dengan partisipasi dan kontribusi para imam masjid ini. ‚ÄúPelatihan ini kita lakukan sesuai dengan tema yang diangkat oleh panitia yaitu untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas imam masjid di tengah masyarakat‚ÄĚ demikian dia menambahkan.

Dari informasi yang diterima dari panitia peserta yang ikut pelatihan ini berjumlah 100 orang imam masjid yang dibagi dalam II (dua) angkatan, dimana untuk masing-masing angkatan berjumlah 50 orang imam masjid. Untuk angakatan I (pertama) telah dilaksanakan pada tanggal 14-16 September dan untuk angkatan ke II (dua) yang berlangsung tanggal 17-19 September 2015.

‚ÄúAcara dan materinya mantap karena didukung oleh narasumber yang berkompeten dibidangnya‚ÄĚ demikian kata Syaiful Herman (28), salah seorang peserta dari Kabupaten Limapuluh Kota kepada Safasindo Fm.

Berikut materi dan nama narasumber dalam acara Pelatihan Imam Masjid Se Sumatera Barat:

1. Dr. H. Mukhlis Bahar, LC, M.Ag dengan materinya:  Fiqih Shalat Berjamaah, Jamak dan Qashar Serta Keistimewaan dan Pelaksanaannya.

2. Bakri, S.Iq, S.ThI, M.PdI dengan materinya: Praktek dan Shalat Dengan Bacaan Murothal Qira‚Äôat ‚ÄėAshim Riwayat Hasf

3. H. Indra Hadi, S.Iq dengan materinya: Metode Tahfidz Al qur’an

4. Prof. Dr. H. Syamsul Bahri Khatib (Ketua MUI) dengan materinya: Mewujudkan Pribadi Imam Masjid yang Berakhlak Mulia dan Wara’ Sebagai Insan Pengemban Misi Dakwah Islamiyah Di tengah Masyarakat

5. Dr. H. Gusril Kenedi. M.Pd dengan materinya: Psikologi Pendidikan Karakter Ketauladanan Imam Masjid

6. Yusran Lubis, M.Pd dengan materinya: Peran Kanwil Kementrian Agama Sumbar Dalam Pembinaan Imam Masjid

7. Drs. H. Yulius Said Dt. Tan Basa (Ketua DMI) dengan Materinya: Manajemen Masjid Menuju Masjid Idaman.

Selama pelatihan ini panitia menyediakan akomodasi untuk seluruh peserta, seminar kit dan konsumsi. (Alt)  Lambang-Sumbar