TSR 1 Propinsi,Gubernur Minta Kepala Daerah Kreatif Gaet Investor

Gubernur Sumatera Barat bersama Istri, Ny. Nevi Irwan Prayitno mengunjungi Masjid Hidayah Kelurahan Padang Tinggi Piliang Kecamatan Payakumbuh Barat pada Selasa (29/5). Kunjungan dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Rombongan disambut langsung Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dan Erwin Yunaz. Turut menyambut, Sekdako, Benni Warlis, Para Asisten, Staf Ahli, Para Kepala OPD, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh, Camat Payakumbuh Barat dan Lurah Padang Tinggi Piliang beserta Masyarakat dan Jamaah Masjid Hidayah.

Dalam sambutan selamat datangnya, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Barat yang hadir langsung memimpin Tim Safari Ramadhan Pemprov. Sumbar ke Kota Payakumbuh.

“Alhamdulillah tahun ini Kota Payakumbuh kembali dikunjungi langsung oleh Pak Gubernur dalam rangka Safari Ramadhan. Dan tahun ini lebih spesial karena juga didampingi oleh Ibu Gubernur, Buk Nevi, semoga kehadiran bapak dan ibu memberi energi tambahan bagi kami untuk terus membangun Kota Payakumbuh kedepan,” ujar Walikota Riza Falepi.

Sementara Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya mengatakan bahwa kedatangan dirinya beserta istri dan rombongan TSR Pemprov. Sumbar adalah dalam rangka Silaturahmi.

“Tujuan kami ke Payakumbuh kali ini untuk bersilaturahmi. Silaturahmi ini penting, karena sesuai hadist Nabi Muhammad, setidaknya ada beberapa manfaat silaturahmi bagi seseorang, yaitu, umurnya diperpanjang, diberi rezki yang banyak, diampuni dosa-dosa, dan dimasukkan kedalam sorga. Oleh karena itu mari kita perkuat silaturahmi, terlebih di Bulan Ramadhan ini,” ujar Gubernur Irwan Prayitno.

Dikatakan, setiap pemerintah, baik Pemprov. Sumbar maupun Pemko Payakumbuh pastilah selalu berpikir bagaimana membangun daerahnya.

“Kalaulah bisa dibuka isi kepala Pak Walikota kita, akan kita lihat penuh dengan pikiran dan ide bagaimana membangun dan membangun Kota Payakumbuh. Akan tetapi tudak semuanya bisa berjalan mulus, ada hambatan dan tantangan, dan itu yang harus diselesaikan ,” ucap Gubernur.

Dikatakan Gubernur, hambatan itu bisa berasal dari internal pemerintahan semisal keterbatasan anggaran yang tersedia dan juga hambatan eksternal berupa rendahnya partisipasi masyarakat yang berpengaruh kepada kesuksesan pembangunan.

“Partisipasi masyarakat penting untuk suksesnya pembangunan. Misal kesediaan dibebaskan tanahnya untuk kepentingan pembangunan. Kalau masyarakat tidak berpartisipasi maka pembangunan akan tersendat,” terang Gubernur.

Gubernur juga menekankan pentingnya kemampuan dan kreatifitas kepala daerah untuk menggaet investor dalam melaksanakan pembangunan didaerahnya. Menurutnya, tanpa adanya sokongan dana dari investor, maka pembangunan didaerah tidak akan dapat berjalan optimal.

“Omong kosong jika ada kepala daerah di Sumbar yang mengaku bisa membangun daerahnya tanpa ada sokongan dana dari Investor, sebab sebagian besar dana APBD sudah terpakai untuk biaya rutin, jadi perlu mencari investasi keluar. Disinilah dibutuhkan kreatifitas kepala daerah untuk bisa menggaet investor sebanyak-banyaknya ke daerahnya” tukas Gubernur Irwan.

Selesai memberi sambutan, Gubernur Sumbar menyerahkan bantuan Pemprov. Sumbar kepada Pengurus Masjid Hidayah berupa dana Rp. 20 juta dan 3 (tiga) paket tikar sholat.

“Manfaatkanlah bantuan ini untuk kelanjutan pembangunan masjid kita. Ini sebagai pancingan untuk menghimpun dana yang lebih besar,” pungkas Gubernur.

Sebelumnya, rombongan Gubernur Sumbar dijamu berbuka oleh Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh di Rumah Dinas Walikota, Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur.(Tim Safasindo)

Serahkan Bantuan ,TSR 1 Tampung Aspirasi Masyarakat

Serahkan Bantuan ,TSR 1 Tampung Aspirasi Masyarakat

Tim I Safari Ramadhan yang di Pimpin Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST,MT pada hari terakhir pelaksanaan kunjungan Safari Ramadhan, tim 1 kunjungi Masjid Baitussalam kelurahan Kapalo Koto diBalai (23/5) setelah sebelumya mengunjungi Masjid Al-Ihsan dikelurahan Koto Panjang Dalam.

Turut hadir dalam Tim I Safari Ramadhan ini diantaranya Ustad H. Rusli, S.Pd.I , Kepala Bapeda Ridha Ananda, Kadis PUPR Muslim, Kakanmenag Kota Payakumbuh Asra Faber, Kabag Kesra Ul Fachri, Kabag Protokol dan Komunikasi Firdaus, Ketua KPU Payakumbuh M. Khadafi, BPJS Kota Payakumbuh, Satpol-PP serta Media.

Pada kunjungan ke Mesjid Baitussalam Walikota Payakumbuh yang di wakili oleh Staf Ahli Ir. Syahrir menyampaikan Visi-Misi Pasangan Riza Falepi – Erwin Yunaz selaku pimpinan daerah Kota Payakumbuh.

Syahrir katakan dalam Visi-Misi Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh kedepannya membawa Kota Payakumbuh Maju, Sejahtera dan Bermartabat.
Lebih jauh Syarir mengatakan bahwa Visi –Misi Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh kedepannya dengan semangat kebersamaan menuju Payakumbuh menang.
β€œ Dengan semangat kebersamaan pembangunan kota Payakumbuh untuk kedepannya mewujudkan pembangunan komprehensif, Integral, menyeluruh dan merata,” kata Syahrir.

Kehadiran rombongan Tim I Safari Ramadhan di Masjid Baitussalm, disambut hangat oleh masyarakat setempat,Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang serta di hadiri oleh Anggota DPRD Kota Payakumbuh Heri Iswandi Dt Rajo Muntiko Alam,Camat Payakumbuh utara dan Lurah Kapalo Koto di Balai.

Usai memberikan sambutan, Ir Syahrir menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Baitussalam dana sebesar 30 juta rupiah untuk pembangunan masjid. Dalam kunjungan tersebut Tim 1 juga melakukan dialog bersama masyarakat setempat, untuk menampung aspirasi masyarakat.

Dt Rajo Muntiko Alam mewakili masyarakat setempat,utarakan kepada Tim 1, dimana masyarakat berharap kepada Pemerintah Kota untuk bisa membebaskan tanah rawang dibelakang kantor lurah,untuk dijadikan lahan Ruang Terbuka Hijau,disamping bisa dimamfaatkan untuk arena bermaian anak anak,juga untuk lapangan olahraga anak anak sekolah disekitarnya.

Sementara H Darman jemaah masjid Baitussalam menyampaikan kepada Tim 1,masyarakat berharap agar jalan keluar masuk menuju sekolah SD Raudhatul Jannah diperlebar ruasnya,karna saat ini roda empat dan roda dua sudah banyak yang melintas kelura masuk menuju sekolah Raudhatul Jannah.

Disamping itu H Harfah, kepada Tim 1 menyampaikan, masalah lampu jalan yang sudah banyak yang tak hidup. Terkait hal ini masyarakat berharap lampu tersebut diperbaiki.
Menanggapi masukan dari masyarakat setempat, Kepala Bapeda Ridha Ananda, jelaskan kepada jemaah,masalah pembebasan tanah utuk Ruang Terbuka Hijau, ini perlu dibicarakan dulu dengan Kepala Daerah,sementara untuk pelebaran ruas jalan,menunggu kesepakatan dan dukungan masyarakat setempat, utuk lampu jalan Rida Ananda sampaikan kita akan sampaikan kepada pihak yang bersangkutan agar lampu tesebut bisa hidup dan menyala lagi. (Nedi)

Wawako Erwin Yunaz Harapkan Generasi Muda Payakumbuh Bawa Perubahan Lebih Baik Bagi Daerahnya

Safasindo News@

Dalam rangka memanfaatkan momentum Bulan Ramadhan ditahun 2018, Pemko Payakumbuh kembali laksanakan kegiatan Safari Ramadhan, hal tersebut sengaja dilakukan dalam bentuk menjalin silaturahmi bersama masyarakat Kota Payakumbuh.

Dengan bersentuhan langsung bersama masyarakat pada Selasa (22/5/2018) malam, Wakil Walikota Erwin Yunaz bersama timnya datangi masjid Al-Amanah yang terletak di kelurahan Kubu Gadang Koto Nan IV Kecatan Payakumbuh Barat.

Didampingi oleh Kadis Koperasi dan UKM, Dahler, Sekretaris KPU Dipa Persada, Dirut Adnan Wd, dr. Efriza Naldi, Sp.OG, staf sekretariat Pemko dan penceramah Rusdi Adnan didepan Ratusan Jamaah sholat Taraweh Erwin Yunas berharap agar para generasi penerus yang khususnya di kelurahan Kubu Gadang Koto Nan IV agar dapat membuat perubahan yang lebih baik buat Kota Payakumbuh yang diawali dari lingkungan sendiri.

Menurutnya perubahan sangat diperlukan agar kedepannya dapat menjadi lebih baik, dan perubahan tersebut dimulai dari hal yang kecil, diantaranya para generasi penerus melakukan hal – hal yang positif untuk daerahnya dan dapat kembali meramaikan masjid yang saat ini mulai sepi dari para generasi muda.

” Kita berharap kepada masyarakat agar mampu menciptakan generasi – generasi yang mampu menjaga daerahnya serta menjadi para generasi penerus yang membawa perubahan bagi daerah nya menjadi lebih baik, serta dapat kembali meramaikan masjid saat bulan Ramadhan dan terus menerus untuk kedepannya” ujar Erwin Yunaz.

Wawako menjelaskan bahwa sebuah kebaikan itu bagi umat muslim selalu terjaga saat berada di masjid, bahkan berkomunikasi pun dilakukan dengan cara komunikasi yang baik saat didalam tempat ibadah, dirinya berharap kedepan para generasi muda yang berada dilingkungan tersebut mampu menjadi contoh bagi daerah lain yang khususnya Kota Payakumbuh.

Selain memberikan ceramah untuk memotivasi masyarakat, Tim II Safari Ramadhan Kota Payakumbuh yang diketuai oleh Wawako Erwin Yunaz juga memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp.25.000,000 yang diserahkannya langsung secara simbolis kepada pengurus masjid Al – Amanah Kubu Gadang Koto Nan IV tersebut.

“Kita berharap agar masyarakat yang manfaatkan Masjid sebagai fasilitas tempat ibadah dapat memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik – baiknya dan mampu memicu para generasi didaerah tersebut membawa perubahan yang baik untuk lingkungannya itu sendiri.” Harap Wawako Erwin Yunas

Disela – sela kegiatan tersebut, pengurus masjid Amsalnur mengatakan bahwa sangat berterimakasih atas kunjungan dari Pemko yang dalam bentuk Tim Safari Ramadhan dengan mengunjungi daerahnya serta memberikan bantuan untuk pembangunan maupun kemajuan daerah itu.

“Kita sangat mengapresiasi serta berterimakasih atas kunjungan dan pemberian bantuan dari Pemerintah Kota Payakumbuh, dengan hal tersebut akan mempermudah para warga dalam memulai sebuah perubahan khusus nya bagi para remaja mesjid yang selalu aktif dalam melakukan hal – hal positif didaerah kita” ungkap Amsalnur..

Selepas penyerahan bantuan yang diserahkan langsung kepada masyarakat, Erwin Yunas dan rombongannya langsung melakukan sholat taraweh berjamaah bersama ratusan warga daerah tersebut.

Tim Safasindo