Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Bagi Pemudik, Waspadai 102 Titik Rawan Longsor!

August 26th, 2011 - Posted in Berita Utama, Sumbar

102 titik di ruas jalan nasional dan provinsi di Sumatera Barat rawan longsor sehingga diharapkan kepada para pemudik untuk berhati-hati.

“Para pemudik diminta agar tidak memaksakan diri melewati ruas jalan rawan longsor di jalan nasional dan provinsi diwilayah Sumatera Barat saat hujan turun, karena berpotensi terjadi longsor,” kata Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman Provinsi Sumatera Barat, Suprapto, kepada padangmedia.com, Jum’at (26/08).

Dikatakannya, para pemudik perlu berhati-hati selama dalam perjalanan untuk menghindari agar tidak terjadi kecelakaan atau terjebak akibat longsor dan jalan putus.

Khusus jalan alternatif Padang – Bukittinggi, yaitu Sicincin – Malalak, terdapat tiga titik berpotensi longsor sepanjang 1,1 kilometer. Hal itu disebabkan karena kondisi jalannya yang masih labil.

Data di Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman Provinsi Sumatera Barat, titik rawan longsor di ruas jalan nasional dan provinsi di wilayah Sumatera Barat terdapat 102 lokasi yang tersebar pada18 kabupaten dan kota di Sumbar.

Di antaranya, jalan Padang – Solok panorama kilometer 28, Sungai Beremas kilometer 9 sampai 12, jalan Padang – Bukittinggi Lembah Anai, Bungus Teluk Kabung kilometer 14 dan banyak lainnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya longsor dan jalan putus, Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman Provinsi Sumatera Barat menempatkan 48 unit alat berat di lokasi rawan longsor. Dari 48 unit alat berat tersebut, yang paling banyak ditempatkan di Kabupaten Agam, yaitu 16 unit.

Lebih lanjut Suprapto mengatakan, yang perlu diwaspadai para pemudik adalah cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah, terutama di daerah rawan longsor. Secara umum, kondisi keamanan di wilayah Sumatera Barat saat mudik terjaga dengan baik.

Tulis Komentar Anda