Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Bangun Mentawai, 400 Miliar Rupiah Dikucurkan Tahap Awal 2011

April 30th, 2011 - Posted in Berita Utama, Sumbar

Guna membangun kembali Kabupaten Kepulauan Mentawai pasca Tsunami Oktober 2010 lalu, Pemerintah Pusat pada tahun 2011 ini akan mengucurkan dana rehabilitasi dan rekonstruksi Mentawai senilai 400 Miliar Rupiah.

Dana tersebut merupakan dana tahap I dari 600 Miliar Rupiah yang dialokasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk membangun kembali Mentawai. .

“Untuk tahun ini akan dikucurkan dana tahap I senilai 400 Miliar Rupiah. Tapi kita belum mengetahui pastian waktu pencairan dana itu,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar), Harmensyah, kepada padangmedia.com saat ditemui di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Juma’t (29/04).

Dikatakannya, bahwa dana tahap I tersebut akan digunakan untuk pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi korban Tsunami Mentawai. Jumlah penerima Huntap tersebut menurut data BPBD sebanyak 2072 Kepala Keluarga (KK). Saat ini mereka tinggal di Hunian Sementara (Huntara) yang berlokasi di Pagai Selatan dan Pagai Utara.

“Meski saat ini masih ada Huntara yang dalam tahap pengerjaan. Kita akan selesaikan segera. Untuk kemudian membanguna Huntap,” terang Harmensyah.

Lokasi Huntap tersebut, kata Harmensyah, tersebar di empat Kecamatan yaitu Sikakap, Pagai Utara, Pagai Selatan dan Sipora Selatan. Tiap lokasi Huntap akan dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang. Seperti sekolah, puskesmas, fasilitas air bersih, mck serta fasilitas umum lainnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan bahwa pada awalnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar telah mengajukan dana sebesar 1,1 Triliun Rupiah untuk melaksanakan Rehabilitasi dan Rekonstruksi di kawasan tersebut. Tapi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) hanya bisa mengalokasikan dana sebesar 600 Miliar Rupiah

“Kita hanya mendapat alokasi sebesar 600 Miliar Rupiah dari Bappenas. Nantinya dana tersebut hanya difokuskan untuk program Rehabilitasi dan Rekonstruksi di Mentawai,” jelas Irwan.

Menurut Bappenas, kara Irwan, dari alokasi dana yang diajukan oleh Sumbar sebanyak 1,1 Triliun Rupiah, hanya 600 Miliar Rupiah yang efektif digunakan untuk program Rehabilitasi dan Rekonstruksi Mentawai. Sedangkan 500 Miliar Rupiah lagi, hendak digunakan untuk perbaikan infrstruktur seperti jalan raya dan bandara di daerah tersebut.

“Jadi Bappenas hanya mengalokasikan 600 Miliar Rupiah. Sementara 500 Miliar lagi akan dialokasikan pada pengajuan anggaran berikutnya,” terang Irwan.

Lebih lanjut Irwan mengatakan bahwa anggaran tersebut akan mulai digelontorkan oleh Departemen Keuangan RI melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke Kabupaten Kepulauan Mentawai pada April 2011 ini.

Sebab sesuai Rencana Aksi untuk Mentawai 2011-2013, program rehabilitasi dan rekonstruksi di Mentawai akan dimulai pada April 2011. Lewat rencana aksi itu, akan dilakukan perbaikan di berbagai sektor. Seperti sektor ekonomi, infrastruktur dan kesehatan yang rusak pasca Tsunami.

Tulis Komentar Anda