Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Beasiswa Pelajar Miskin Belum Bisa Disalurkan

May 20th, 2011 - Posted in Sumbar

ayasan Pendidikan Minangkabau belum bisa menyalurkan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa di Sumatera Barat (Sumbar). Sebab hingga kini Pemerintah Provinsi bersama DPRD Sumbar masih membahas pihak mana yang akan mengelola dana yayasan tersebut.

Dana yayasan tersebut berasal dari hibah PT Rajawali Group sebesar Rp50 miliar merupakan dana abadi untuk membantu para siswa untuk melanjutkan pendidikannya. Kini dana itu tengah didepositokan di Bank Nagari Syariah.

“Kita belum bisa menyalurkan dana hibah tersebut. Sebab hingga kini kita masih membahas bersama DPRD Sumbar, pihak mana yang akan mengelola dana hibah tersebut,” jelas Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, kepada wartawan Jumat (20/5).

Dikatakannya, dalam pembahasan ada dua opsional pihak yang akan mengelola dana yayasan itu. Pertama ialah SKPD Sumbar, dalam hal ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Sumbar atau Biro Bina Sosial di Setdaprov Sumbar.

Nantinya kata Irwan, bila dana itu dikelola SKPD, maka dana itu akan tertulis dalam APBD. Jumlah alokasinya tiap tahun akan dicatat dengan rapi.

Sedangkan pilihan kedua pengelola dana itu adalah Yayasan Pendidikan Minangkabau. Yayasan yang akan mengatur pengalokasian dana beasiswa bagi mereka yang kurang mampu.

“Keduanya punya kelebihan pengelolaan. Jadi kita masih membahas hal itu. Semoga pembahasan bisa rampung cepat dan dana bisa kita salurkan segera bagi pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan,” ungkap Irwan.

Tulis Komentar Anda