Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Berita Terbaru Dari Mahasiswa Indonesia di Libya

February 27th, 2011 - Posted in Berita Utama, Nasional

Bekasi -laporan dari mahasiswa Indonesia yang berada di Libya memang sangat mengejutkan. Hal ini terjadi karena apa yang ditulisnya sangat bertolak belakang dengan sebagian besar pemberitaan di media massa. Namun berita tersebut setidaknya dapat membantu kita berpikir dari dua sisi. Walau pun tentu hal ini sangat membingungkan, siapa yang benar? Di saat media lain mengatakan bahwa keadaan di Libya semakin genting, mahasiswa tersebut justru berani berkata yang sebaliknya. Berikut adalah catatan lanjutan mahasiswa tersebut.

PERKEMBANGAN KRISIS LIBYA 24-25 Februari 2011

24 Februari

– sore hari disiarkan siaran ulang TV jamahiriya (pemerintah), gaddafi mengumpulkan pemimpin2 suku dalam konsolidasi utk mendukung pemerintahannya.

– menurut responden di kota sabrata, tidak ada kejadian kerusuhan maupun demonstrasi apa2 di sabrata.

25 Februari

– menurut koresponden kami dari kota benghazi,seorang supir taksi yg cukup kenal baik dgn kami,keadaan benghazi terus diadakan demo anti gaddafi dalam jumlah besar, namun sudah 3 hari berlangsung tanpa kontak senjata, tidak ada lagi korban jiwa jatuh setelah gaddafi berpidato pertama kali. jumlah korban yang jatuh di benghazi menurut sepengetahuan supir taksi tadi sktr 150 orang. Dia tidak bisa menyebutkan korban itu terdiri dari sipil saja atau beserta aparat keamanan.

– menurut responden kami warga Libya dari distrik suq jumah dan fasylum terdapat kerusuhan. terdengar beberapa kali letusan senjata. kejadian ini terjadi shalat jumat. stlh 2 hari distrik ini ckp tenang,hari ini mencekam kembali, penduduk2 di distrik ini lebih memilih tinggal di dalam rumah. jatuh tidaknya korban tidak bisa kami konfirmasi krn responden tsb ktka mcul kerusuhan mereka langsung masuk ke rumah mereka masing2. Namun, menurut kesaksian satu orang WNI yang berada di dekat kejadian, polisi menembakkan senapan ke atas ketika para pemuda2 berandal mulai berteriak2 dan merusuh, kemudian mereka bubar, sehingga tidak ada korban apa2.

– menurut 5 responden kami dari berbagai distrik di tripoli, telah dilakukan pembagian senjata bagi siapa saja yang meminta dan mendaftarkan diri menjadi amnus sya’bi (sejenis hansip negara)

– disiarkan TV jamahiriya siang hari, ribuan orang di kota zawiya dan gharyan hari ini demonstrasi mendukung gaddafi

– sore hari ini, di depan dua ratus ribu pendukungnya di alun2 kota tripoli (lapangan hijau/sahah khadra) gaddafi berpidato tanpa kaca anti peluru yang biasa dia lakukan setiap dia berpidato. disiarkan langsung TV jamahiriya. Video ini pula bisa didapatkan dr web CNN. pidato di alun2 kota tanpa kaca anti peluru ini seolah menandakan gaddafi tidak takut muncul di tengah publik yg dikabarkan sebagian besar menentangnya. pidato ini jg menunjukkan bahwa alun2 kota masih seperti sedia kala,tidak ada penghancuran apalagi pengeboman lwt pesawat. pidato ini juga menunjukkan kepada dunia bahwa alun2 kota tripoli sampai detik ini memang sama sekali belum pernah dipakai demonstrasi oleh para penentang gaddafi seperti yang diklaim media2 internasional. melainkan demonstrasi yang dilakukan beberapa kali di alun2 kota ini beberapa hari2 yang lalu adalah demonstrasi pro gaddafi. Kami bersaksi penuh bahwa alun2 kota Tripoli belum pernah dipakai demonstrasi anti gaddafi.

Isi pidato : – “ini pembuktian saya pada dunia. pada media2 yang menyudutkan saya. lihat kumpulan massa di depan saya, lihatlah ini rakyat libya. ini rakyat libya”

– gaddafi mengajak rakyat libya kembali ke kehidupan yang normal dan bahagia.

– pidato diakhiri dgn kata2 “Ghonnu, urqusuu, istaiddu” (bernyanyilah, berdansalah dan bersiagalah”

-yel2 dua ratus ribuan orang yang berkumpul di alun2 kota / lapangan hijau “sya’b yurid muammar al-aqiid” (rakyat ingin kolonel muammar) “allah, muammar, wa libya bes” (allah, muammar dan libya saja)

-yel2 para penentang gaddafi di kota2 timur libya “libya libya hurrah hurrah, muammar gaddafi ithla’ barrah” (libya libya bebas,muammar gaddafi pergilah sana)

-berita2 hari ini yg saya dpt dr media luar libya bahwa sebagian tripoli telah dikuasai demonstran, sangat bertolak belakang dengan koresponden yg saya hubungi di berbagai distrik. termasuk klaim bahwa distrik al-aziziya telah dikuasai, sangat bertolak belakang dgn kabar bahwa distrik tersebut aman2 saja,tidak ada kerusuhan. wallahu alam keanehan2 ini terus kami (mahasiswa) rasakan

-akan diadakan KONFERENSI PERS antara pemerintah libya dengan berbagai media asing pada malam hari. laporan ttng acara nanti malam ini kami laporkan kemudian.

-menurut kesaksian seorang mahasiswa indonesia yang mengunjungi daerah gurji. bahwa dia melihat sebuah mobil terbakar, rumah sakit muakkin bbrp bagiannya terlihat bekas terbakar,bbrp toko kacanya pecah

-tuduhan gaddafi dalam pidatonya, bahwa banyak kerusuhan di berbagai kota di Libya disebabkan para pemuda pengguna narkoba,menurut kami,ternyata cukup benar. Kami mendapat laporan2 dari berbagai sumber ternyata memang seperti itu pada kenyataannya.

– kritik pada media : -sering menampilkan foto2 yang tidak sesuai. misal : dikabarkan ada pembunuhan di alun2 kota tripoli, tapi gambar yang dimuat adalah kerusuhan di daerah tobruq atau benghazi.

-menurut saya, kesimpulan sementara krisis libya :

1.di kota2 barat Libya (yaitu tripoli,zawiya,zeletin,sirt,misrata,zuwara,khums,gharyan) ,jumlah pendukung gaddafi jauh lebih banyak dari penentangnya. di tripoli sangat jarang yang menjadi penentang gaddafi.

2.di kota2 timur libya (benghazi, baidha, ajdabiya, tobruq)  jumlah penentang gaddafi lebih banyak dari pendukungnya

3.dalam jangka waktu panjang, kedua hal diatas,jika kedua belah pihak tidak mengambil jalan tengah,akan terjadi perang diantara pendukung dan penentang dlm skala intensif kedepannya

4.sejarah konflik daerah kota2 timur libya dgn pemerintah gaddafi mrpkn sejarah lama. benghazi adalah ibukota libya pada zaman raja idris. nampaknya para pengikut raja idris saat ini mngkn ingin mengembalikan kerajaan mereka yang dikudeta gaddafi tahun 1969, memanfaatkan momen gelombang demo di timteng. telah terjadi juga demo tahun 1990 dan 2005 di benghazi.

KONDISI MAHASISWA : 18 orang telah ikut evakuasi bersama karyawan PT.Wika. Sisanya masih menunggu evakuasi kloter kedua.

Tulis Komentar Anda