Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Bidang Pemuda Dinas Budparpora Latih 30 Pemuda

October 1st, 2015 - Posted in Berita Utama

Bidang Pemuda Dinas Budparpora Latih 30 Pemuda

 

 

Tanjung Pati, Seperti tahun sebelumnya, kembali pada tahun 2015 ini Bidang Kepemudaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan bagi pemuda se Kabupaten Limapuluh Kota.

Bertempat di Gedung Pertemuan Sago Bungsu Tanjung Pati, kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari ini dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 September 2015.

“Pelaksanaan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan bagi pemuda ini berdasarkan Peraturan Bupati Lima Puluh Kota No 61 Tahun 2011 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan” demikian jawab Sofidar, S.Sos ketika dikonfirmasi oleh Safasindo Fm.

Dia menambahkan bahwa peserta yang mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar kepemimpinan ini berjumlah 30 orang. Dimana 24 orang merupakan rekomendasi pemuda  nagari dari Kecamatan Mungka dan Kecamatan Akabiluru, sementara untuk 6 (enam) pemuda lainnya peserta yang direkomendasikan oleh KNPI Kabupaten Lima Puluh Kota.

Selama mengikuti pelatihan ini para peserta yang rata-rata berusia 16-30 tahun ini disuguhi oleh panitia dengan beberapa materi diantaranya Kebijakan Umum Tentang Pembinaan Terhadap Generasi Muda oleh Bupati Lima Puluh Kota, Pengambilan Keputusan oleh Sekda Kabupaten Lima Puluh Kota, Pendidikan Dasar Bela Negara oleh Dandim 0306 Lima Puluh Kota, Pemuda dan Tantangan Masa Depan oleh Melya Novira, S.Pd (Purna Pemuda Pelopor), Dasar-Dasar Kepemimpinan oleh Kadis Budparpora Lima Puluh Kota, Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda oleh Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Manajemen Organisasi Pemuda oleh Narasumber dari Dinas Pemuda Dan Olahraga Sumatera Barat dan Materi Praktek membuat Surat Dinas, Proposal dan Diskusi oleh Altoyo, S.Pi (Sekretaris KNPI Lima Puluh Kota).

Habibi, salah seorang peserta Pendidikan Dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan ini mengatakan sangat senang karena dapat mengikuti pelatihan kepemimpinan bagi pemuda ini. “Selain ilmu yang ditransfer dari narasumber, kita juga dapat berkenalan dengan pemuda-pemuda yang berasal dari nagari lain serta juga dari OKP yang merekomendasikan pengurusnya sebagai peserta dalam kegiatan ini” tambahnya.

Dimalam terakhir acara ini ditutup dengan Focus Group Discussion (FGD), dimana para peserta dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang mengupas dan mendiskusikan topik hangat yang disiapkan oleh panitia yaitu Kontroversi Calon Tunggal Dalam Pilkada Serentak 2015 dan Batasan Umur  30 Tahun Bagi Pemuda Berdasarkan UN N0 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. (Alt)

Logo 50 Kota

1 Komentar di “Bidang Pemuda Dinas Budparpora Latih 30 Pemuda”

  • Dipost oleh: Itir
    ditulis pada 21 October, 2015, 7:39

Tulis Komentar Anda