Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

BKPMD Data Investasi Non Fasilitas Berbadan Hukum

April 28th, 2011 - Posted in Sumbar

Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sumatera Barat (Sumbar) pada 2010 telah mendata investasi non fasilitas berbadan hukum. Pendataan tersebut telah dilakukan di tiga daerah yaitu Kabupaten Pasaman, Kota Sawahlunto dan Kota Padangpanjang.

Hal itu dilakukan BKPMD sebab selama ini yang terdata hanyalah Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA). Namun kini investasi non fasilitas berbadan hukum pun akan didata. Agar diketahui sejauh mana perekembangan inevstasi di tiap daerah.

“Kita kini tidak hanya mendata PMA dan PMDN, tapi juga mendata investasi non faslitas berbadan hukum yang kebanyakan merupakan industri rumah tangga,” terang Kepala Bidang Perencanaan BKPMD Sumbar, Ollyandes, kepada wartawan, Rabu (27/04).

Data tersebut, kata Ollyandes, telah dihimpun oleh BKPMD Sumbar guna melihat perkembangan investasi non fasilitas yang berbadan hukum di daerah. Hasilnya banyak investasi tersebut tidak berkembang.

Seperti terlihat di Pasaman dan Sawahlunto cukup banyak investasi di bidang kosntruksi dan perdagangan besar. Sementara di Padang Panjang kebanyakan investasi di bidang pedagangan.

Tahun ini, kata Ollyandes, BKPMD akan melakukan pendataan di enam daerah yaitu Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Dharmasraya, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Padang Pariaman.

Tulis Komentar Anda