Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Buya Hamka dan Syafruddin Prawiranegara Masuk Nominasi Pahlawan Nasional

October 21st, 2011 - Posted in Nasional

Usulan calon penyandang gelar pahlawan nasional terus mengerucut dari 22 nama menjadi 12 nama yang dianggap sudah melengkapi persyaratan. “Sudah mengerucut dari 22 menjadi 12 nama, tiga dipending dan tujuh belum lengkap,” kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Jakarta, Jumat.

Salim mengatakan, nama sudah mengerucut itu, termasuk yang belum lengkap, mereka semua punya hak untuk mengajukan dua kali kalau ada penambahan data. Sebelumnya, Kementerian Sosial sudah menerima 22 nama diusulkan sebagai pahlawan nasional, usulan tersebut akan melewati sejumlah tahap proses seleksi oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Sejumlah nama yang diusulkan diantaranya Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal Buya Hamka seorang ulama besar dari Sumatera Barat serta sastrawan. Selain Buya Hamka, tokoh nasional yang diusulkan menyandang gelar Pahlawan Nasional adalah Syafruddin Prawiranegara dikenal sebagai Ketua Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

Pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan pemerintah kepada seorang Warga Negara Indonesia yang semasa hidupnya melakukan tindak kepahlawanan dan berjasa luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara. Gelar pahlawan nasional akan diumumkan pada Hari Pahlawan setiap 10 November.

Nama-nama yang diusulkan merupakan usul tertulis dari masyarakat secara berjenjang kepada bupati-wali kota yang meneruskan ke gubernur melalui dinas sosial setempat hingga ke Kementerian Sosial. Mensos menjelaskan, dari 149 pahlawan nasional, hanya 40 di antaranya yang berjasa di medan perang sedangkan selebihnya berjasa di bidang politik dan pendidika.

“Mereka yang menyandang gelar pahlawan nasional tidak hanya yang berjasa di medan perang tapi juga di bidang lain dan gaungnya dan manfaatnya dirasakan secara nasional,” tambah Mensos.

Tulis Komentar Anda