Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Cina Bangun Jembatan di Atas Air Terpanjang di Dunia

January 9th, 2011 - Posted in Safasindo News

BEIJING–Cina berhasil menambah koleksi jembatan terpanjang di dunianya dengan selesainya proyek Jembatan Qingdao Haiwan yang memiliki panjang 26,4 mil atau 42,46 kilometer.

Jembatan Qingdao Haiwan mengalahkan rekor jembatan terpanjang sebelumnya yang dipegang oleh Jembatan Danau Pontchartrain Causway di Lousiana, Amerika Serikat.

Saking panjangnya, jembatan dibangun dengan dana 5,5 miliar dolar AS ini bisa untuk menyeberangi Selat Inggris.

Di Cina, Jembatan Qingdao menghubungkan daerah Shandong dengan Huangdao dengan hanya 30 menit berkendara. Sebelumnya, masyarakat harus menaiki ferri untuk bepergian ke Huangdao.

Jembatan ini juga dianggap menjadi salah satu capaian tertinggi dari insinyur Cina. Jembatan Qingdao memiliki enam jalur jalan. Ia ditopang oleh 5.200 kolom. Sebanyak 10 ribu pekerja banting tulang membangun megaproyek ini.

Mereka menggunakan 450 ribu ton baja. Jumlah itu bisa membangun 65 Menara Eiffel. Konstruksi jembatan juga menggunakan 2,3 juta kubik meter beton atau jumlah setara bisa digunakan untuk mengisi 3.800 kolam renang ukuran Olimpiade.

Pemerintah Cina mengklaim, jembatan ini sanggup bertahan dari goyangan gempa berkekuatan 8 skala richter. Saat ini di Cina ada tujuh dari 10 jembatan terpanjang di dunia. Yang terpanjang adalah Jembatan Danyang-Kunshan sepanjang 102 mil atau 164 kilometer.

Tulis Komentar Anda