Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

DLM Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Kupas Fungsi Lembaga Legislatif Melalui Parliament Training

September 21st, 2015 - Posted in Berita Utama

DLM Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Kupas Fungsi Lembaga Legislatif

Melalui Parliament Training

 

 

 

Limapuluh Kota, Perguruan Tinggi sebagai lembaga untuk menciptakan insan intelektual yang penuh kepribadian dan berdedikasi tinggi terhadap kepentingan masyarakat. Sebagai lembaga pendidikan, Perguruan Tinggi bukan hanya wadah perkembangan kegiatan-kegiatan akademis semata, namun lebih dari itu mampu melahirkan insan-insan berwawasan kebangsaan dan memiliki nilai-nilai kemanusiaan.

Untuk mencapai harapan tersebut di atas, perlu diciptakan keterbukaan dan kebersamaan yang dapat memperluas dan mempertajam wawasan serta daya nalar dan analisa civitas akademika terutama mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan.

Dewan Legislatif Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (DLM PPNP) merupakan lembaga representation yang keanggotaannya berasal dari perwakilan mahasiswa dari kelembagaan seluruh Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Sebagai sub-sistem atau bagian yang tidak terpisakan dari oganisasi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang merupakan kelengkapan non-struktural civitas akademika dalam menunjang pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, DLM PPNP juga ikut mewarnai berbagai kebijakan demi kepentingan mahasiswa dan masyarakat kampus, dengan tanpa melupakan kepentingan pihak Politeknik  secara keseluruhan.

Dewan Legislatif Mahasiswa layaknya DPR di Negara atau DPRD di tingkat provinsi. Dimana lembaga ini mempunyai tiga fungsi dalam menjalankan tugasnya yaitu: fungsi legislasi, controlling dan Budgeting.

Oleh karena itu, untuk memahami dan mendalami tugas lembaga legislatif tersebut Dewan Legislatif Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (DLM PPNP) mengadakan kegiatan Parliament Training yang dilaksanakan selama satu hari (20 September 2015) yang lalu.

”Kita berharap, dengan Kegiatan Parliament Training ini rekan-rekan mahasiswa khususnya yang tergabung dalam kepengurusan DLM Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dapat memahami akan fungsi, tugas dan wewenang dari Lembaga Legislatif mahasiswa ini” demikian yang disampaikan Alfa Viter Hutonara dalam sambutannya.

Viter yang merupakan ketua DLM Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh menekankan kepada seluruh pengurusnya untuk dapat menjalankan tugas kelembagaan mahasiswa ini sesuai dengan penempatan pada komisinya masing-masing. ”Kita juga akan kembali melanjutkan kerjasama dengan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dan Payakumbuh seperti yang pernah kita laksanakan pada periode sebelumnya” tambahnya.

Parliament Training yang berlangsung di ruang Sindang III (tiga) Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh ini menghadirkan narasumber mantan Ketua Badan Legislatif Mahasiswa Universita Riau (BLM UR) dan sekarang beraktivitas sebagai Staf Ahli Fraksi di DPRD Kabupaten Limapuluh yaitu Altoyo,S.Pi.

”Sebagai seorang aktivis, rekan-rekan pengurus DLM harus rajin dan rakus membaca, banyak diskusi dan buka wawasan. Maju dan mundurnya kinerja DLM tergantung pengurus yang hadir hari ini. Materi dan ilmu bisa didapat dari mana dan dari siapa saja, tinggal bagaimana kita semua mengaplikasikannya dalam bentuk program kerja. Anggota DLM jangan hanya 4 D yaitu Duduk, Datang, Dengar dan Diam” demikian pesan Altoyo yang juga sekretaris KNPI Kabupaten Limapuluh Kota ini.

Diakhir kegiatan pelatihan ini, Handayu salah seorang peserta mengucapkan terima kasih dan harapannya semoga ilmu yang telah didapat selama pelatihan ini dapat dipraktekkan. ”Semoga kawan-kawan pengurus DLM tetap solid dan bekerja” harapnya menambahkan. (Alt)

 

 images

Tulis Komentar Anda