Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Goro Bersama di Masjid Baiturrahman

April 17th, 2018 - Posted in Safasindo News

Masih kegiatan goro dimasjid Baiturrahman, oleh tim gabungan TNI, POLRI, BNPB-DAMKAR TAGANA dan Satpol PP di Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur.

Dibawah koordinator Wadanramil 01 Payakumbuh Capten CZI Jhoni Forta tim gabungan yang terdiri dari TNI, POLRI, BNPB Tagana dan Damkar ditambah dari mayarakat pada pukul 9.00 wib memulai membersihkan reruntuhan masjid Baiturrahman dikelurahan Payobasuang Kecamatan Payakumbuh Timur. Qubah masjid yang mulai dipergunakan untuk beribadah dari tahun 1922 tsb roboh pada hari sabtu sore 27 Januari 2018 dan membuat terkejut bukan hanya masyarakat Payobasung saja, tapi juga masyarakat Payakumbuh dan sampai keperantauan itu bahkan menjadi viral dimedsos.

Capten CZI Jhoni Forta selaku kordinator tim gabungan mengatakan untuk tahap awal dua hari kedepan memang diperlukan alat berat untuk membersihkan reruntuhan karena kalau dengan manual akan beresiko terhadap para pekerja, karena tembok2 yang runtuh banyak yang masih bergerak sewaktu -waktu dan camat Payakumbuh Timur L Kefrinasdi S.Sos ketika dihubungi mengatakan kalau sudah selasai alat berat membersihkan reruntuhan yang besar, nantinya akan dikerahkan tenaga masyarakat membersihkan, bahkan hari juma’t rencananya walikota Reza Falepi dibawah memerintahkan sekdako Beni Warlis mengerahkan PNS Pemda Payakumbuh untuk bergotong royong membersihkan area masjid Baiturrahman.

Untuk rencana kedepannya untuk pembangunan kembali masjid yang roboh itu mayarakat berharap bisa dibangun kembali secepatnya, seperti disampaikan H. Kadel melalui telfon diacara dialog diradio Safasindo senin siang salah seorang perantau Payobasung yang berada diPekanbaru sudah berkoordinasi dengan perantau yang berasal dari Payobasung diseluruh Indonesia berjanji akan bahu membahu merealisasikan pembangunan masjid kebanggaan kenagarian Payobasung itu seperti dikatakan oleh seorang ninik mamak dari pasukuan melayu A.I Dt Rajo Malikan Nan Kuniang.

Dan bagaimana nantinya masyarakat yang berada diluar Payakumbuh bisa menyalurkan bantuannya untuk pembangunan kembali masjid Baiturrahman ini Risman Mansyur seorang putra Payobasuang yang juga salah seorang ketua LSM ini berjanji, paling lama hari kamis tgl 1 Februari 2018 sudah ada nomor rekening yang bisa menerima sumbangan dari masyarakat tsb beserta dengan nomor contak person untuk bisa dihubungi.

Laporan: Mastriji

Tulis Komentar Anda