Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

‘Harus Ada Skala Prioritas Berantas Korupsi’

April 29th, 2011 - Posted in Nasional

Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar menyatakan, perlu adanya skala dalam menangani kasus korupsi. Menurutnya, tidak harus semua koruptor dijatuhi hukuman penjara. Ada prioritas mana kasus yang korupsi yang harus berakhir di balik jeruji besi dan mana yang tidak. “Kalau semua masuk penjara, penjara gak bakal cukup,” ujar Patrialis saat menjawab pertanyaan wartawan di Bali, Jumat (29/4).

Skala prioritas yang, kata, Patrilasi harus diukur dari tingkat kejahatan dan nilai korupsi yang dilakukan. Jika nilai dan perbuatan yang dilakukan tidak tergolong besar, maka hukumannya cukup ganti rugi. “Tapi kalau korupsi yang dilakukan memakai uang daerah atau mengkorupsi uang bencana contohnya, maka tidak ada ampun, berapa pun jumlahnyua,” katanya.

Patrialis merujuk pada sistem permberantasan korupsi di negara-negara domokrasi maju yang memiliki skala penanganan. “Dan kita lihat pada khirnya berhasil,” tambahnya.

Dia membantah jika dengan tidak penjara maka koruptor tak akan jera. Menurutnya, hukuman ganti rugi materi yang berkali-kali lipat juga akan membuat para pelaku korupsi jera.

“Satu yang perlu diperhatikan dari penanganan korupsi adalah bagaimanan mengembalikan uang yang dikorupsi,” terang Patrialis.

Menteri pun menyamnggah jika hukuman penjara lantas membuat koruptor jera. Penjara, kata dia, tidak melulu memberi sanksi sosial. “Diumumkan sebagai tersangka saja sudah merupakan sanksi sosial,” pungkas Patrialis.

Tulis Komentar Anda