Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Jalan Dua Jalur Padang Payakumbuh Akan Jadi Program Strategis

August 25th, 2010 - Posted in Sumbar

PADANG – Untuk menunjang pengembangan pariwisata di Sumatera Barat diperlukan peningkatan infrastruktur. Pembangunan jalan jalur dua dari Padang ke Payakumbuh merupakan sebuah alternatif terbaik. Diharapkan dinas Prasrana Jalan dan Tata Ruang Pemukiman untuk melakukan pengkajian sebagai program strategis dalam lima tahun mendatang.

Hal itu disampaikan Gubernur Irwan Prayitno saat pertemuan dengan anggota Komisi III DPRD Sumbar bidang pembangunan yang didampingi oleh Kepala Dinas Prasjal & Tarkim dan staf, serta Kepala Biro Humas dan Protokol, Surya Budhi, SH. Selasa, (24/80)
Irwan mencontohkan kedatangan turis dari Timur Tengah yang sangat takjub dengan wisata alam Sumatera Barat. Namun karena perjalanan yang ditempuh sangat melelahkan, sehingga mereka tak bisa menikmati keindahan tersebut.

“Kendala kita dalam pengembangan potensi wisata aAlam adalah jalan dan sarana transportasi yang terkesan lambat dan kurang lancar. Padahal potensi kita adalah memiliki wisata terlengkap dan terbaik dari yang ada di dunia,” ucapnya.

Pembangunan jalan dua Padang- Payakumbuh in, menurut Irwan tidak akan mempengaruhi keberadaan program yang telah ada selama ini. Semua yang telah direncanakan terus dijalankan. Kecuali ada program mercu suar yang hanya bersifat serimonial semata, sementara program yang membangun pertumbuhan dan pengembangan perekonomian masyarakat akanterus di dorong.

Dijelaskan Irwan, jalan dua jalur Padang – Payakumbuh merupakan jalan lurus yang dapat melintasi hutan dan gunung. Dari jalur jalan ini akan kita cabang jalan ke Pariaman tembus ke pantai, jalur Padang Panjang – Tanah Datar- Dhamasraya. Jalur Kota Bukittinggi- Maninjau ( Agam) dan Pasaman.

“Kita berharap ini akan menjadi agenda yang amat strategis dalam pelaksanaan pembangunan Sumatera Barat periode 2010-2015. Pembangunan jalan ini juga akan berefek pada pengembangan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, jasa perdagangan, transportasi dan pariwisata alam kita, “ ungkapnya.

Kepala Dinas Prasjal & Tarkim Ir. Dodi Riswandi, MSc dalam kesempatan itu menyampaikan ada 4 isu penting yang menjadi perhatian dalam pembangunan pengembangan jalan dan jembatan Provinsi Sumbar . Pertama pembangunan jalan atau jembatan rehabilitasi dan mitigasi bencana. Kedua peningkatan kapasitas, ketiga pengembangan jaringan jalan dan mendorong sektor perekonomian dan pariwisata.

Sementara isu strategis pembangunan jalan nasional saat ini adalah melancarkan jalur jalan kearah Timur Pulau Sumatera dan melancarkan semua akses jalan menuju Teluk Bayur dan BIM. Program pembangunan jalan yang dibiayai APBN merupakan kelanjutan kegiatan pembangunan jalan yang telah ada.
“Untuk program baru kita bisa lakukan sebagai program APBD yang nantinya kita perjuangkan pada APBN sesuai dengan aturan dan perudang-undangan yang ada,” jelas Dodi

Tulis Komentar Anda