Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

KESBANGPOL LIMA PULUH KOTA TAJA SOSIALISASI FKDM

October 13th, 2015 - Posted in Berita Utama

Photo0240 KESBANGPOL LIMA PULUH KOTA TAJA SOSIALISASI FKDM

 

Payakumbuh, Pada hari Kamis (8 Oktober 2015) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan kegiatan Sosialisasi FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang bertempat di Kantor Badan Kesbangpol tersebut.

Acara sosialisasi FKDM yang dibuka oleh Kepala Kesbangpol melalui Kabid KPM (Kewaspadaan dan Pembinaan Masyarakat) tersebut, menghadirkan 3 (tiga) narasumber yaitu Drs. H. Erminas selaku ketua FKDM Kabupaten Lima Puluh Kota, Nasriyanto Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Lima Puluh Kota yang diwakili oleh Bapak Iil selaku Kabid KPM Kesbangpol.

“Melalui Sosialisasi FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) ini kita wujudkan kepekaan dan kesiagaan serta kewaspadaan terhadap potensi bencana dan kerawanan sosial di Kabupaten Lima Puluh Kota” demikian ungkap Kepala Kesbangpol dalam sambutannya. “Peserta yang kita hadirkan pada acara sosialisasi FKDM ini terdiri dari staf Kantor Capil Lima Puluh Kota, Staf BPBD, dari Unsur TAGANA Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lima Puluh Kota, perwakilan Kantor Camat se Kabupaten Lima Puluh Kota dan Tokoh pemuda Kecamatan se Kabupaten Lima Puluh Kota” lanjutnya menambahkan.

Dalam pemaparan materinya, kepala BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota Nasriyanto, mengatakan bahwa untuk daerah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh, jauh dari potensi bencana alam seperti Gempa bumi dan tsunami, namun rawan akan bencana yang sering muncul di daerah ini yaitu seperti bencana angin putting beliung, longsor dan kebakaran.

“Kita Sudah bentuk KSB (Kelompok Siaga Bencana) di setiap nagari yang beranggotakan 30 orang, kita sudah latih dan bekali mereka” demikian Nasriyanto menambahkan.

Sementara itu Ketua FKDM Kabupaten Lima Puluh Kota Drs. H. Erminas dalam pemaparannya tentang Peran FKDM Dalam Menjaga dan Memelihara Kewaspadaan Dini Masyarakat, menjelaskan bahwa Tuga Utama FKDM adalah menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi darin masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atu peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangannya secara dini.

“Tugas lain dari FKDM adalah memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan daerah baik bupati atau wakil bupati mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini” tambah Erminas.

Sementara itu dalam sesi diskusi salah seorang peserta Marzuki dari Kecamatan Luak mempertanyakan tentang kebijakan pemerintah terkait penaikan bendera setengah tiang pada tanggal 30 September yang lalu, dan meminta kepada pihak Kesbangpol untuk memfasilitasi pembentukkan FKDM untuk tingkat kecamatan. (Alt)

 

Tulis Komentar Anda