Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Masyarakat Talang Maur Keluhkan Harga Gambir

August 9th, 2011 - Posted in Berita Utama, Nasional, Safasindo News

Bupati 50 kota dr Alis Marajo dt Sori Marajo

Tim Ramadhan Kabupaten 50 kota tadi malam (Senin Malam 9 Agus 2011) mengunjungi masyarakat Talang Maur yang berkumpul di Masjid Nurul Iman Jorong Talang, Nagari Talang Maua Kecamatan Mungka.

Acara yang diawali dengan buka bersama dengan masyarakat setempat dibawah pimpinan wali nagari Talang Mauar Bpk H. Fahmi Rasyad SH,

Tim Ramadhan tersebut  dihadiri oleh Bupati Alis Marajo dt Sori Marajo, Wakil Ketua DPRD 50 Kota Drh Harmen, Anggota DPRD 50 Kota H. Yos Sariadi S.Ag Dt Majo Sindo dan AIDA, juga hadir beberapa kepala SKPD seperti kepala dinas PU : Yusdianto, Kepala Bappeda : Nofyan Burano, Kepala Bagian Kesra : Safrul April dan Kepala Humas : M. Siebert.

Dalam Acara Tanya Jawab yang dipimpin oleh kepala Bapeda Bpk Nofyan Burano, beberapa keluhan masyarakat pun bermunculan seperti Merosotnya harga jual Gambir, sudah lebih tiga bulan harga gambir di angka 12.000 perkilo, ini sangat berdampak sekali kepada masyarakat talang maua yang mayoritas bertani atau berkebun gambir.

Sulitnya membuat atau mengurus KTP, ini juga menjadi bagian dari keluhan yang disampaikan oleh masyarakat talang maur, selain sulit juga memakan ongkos yang mahal dalam mengurus ktp.

Dalam kesempatan itu Nofyan Burano sebagai kepala Bappeda menjelaskan bahwa pemerintah sangat serius menanggapi keluhan masyarakat khususnya tentang harga gambir yang merosot. Tentang hal ini ia menjalaskan bahwa gambir itu sekarang tidak menjadi komoditi unggulan 50 kota, tetapi sudah menjadi komoditi unggulan nasional, maka pemerintah pusat sudah meamsukkan gambir ke dalam program percepatan pembangunan Indonesia, selain itu dalam waktu dekat akan diadakan pertemuan seluruh wali nagari dan seluruh banmus nagari di 50 kota akan diundang untuk membuat kesepakatan tentang mutu dan kwalitas gambir yang ada di 9 kecamatan di 50 kota.

Sehubunga dengan sulitnya pengurusan KTP, kepala Bappeda menjelaskan bahwa 50 kota termasuk dalam pencanangan E KTP untuk tahun 2012, insyaAllah tahun 2012 masyarakat dapat mengurus KTP cukup sampai kekantor Camat saja.

1 Komentar di “Masyarakat Talang Maur Keluhkan Harga Gambir”

  • Dipost oleh: info unik
    ditulis pada 25 February, 2013, 7:08

    wah informasi nya menarik tarimo kasih da singgah yo!

Tulis Komentar Anda