Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Mendiknas-Kasad Kerjasama Tangani Radikalisme

April 29th, 2011 - Posted in Nasional

Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Staf Angkatan Darat sepakat bekerja sama menanamkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air untuk menangkal paham radikal sejak usia dini.

Kesepakatan kerja sama itu tertuang dalam nota kesepahaman Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Keaksaraan yang ditandatangani Mendiknas Muhammad Nuh dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta di Jakarta, Jumat.

Mendiknas Muhammad Nuh mengatakan, dalam kerja sama itu Kemendiknas dan TNI Angkatan Darat bersama-sama memberikan pengasuhan, pembimbingan hingga membantu pengembangan potensi dalam berbagai bidang kepada anak usia dini. “Inti dari pengasuhan, pembimbingan dan pengembangan potensi itu untuk membentuk karakter bangsa sejak usia dini,” katanya.

Pembentukan karakter bangsa itu, dilakukan antara lain dengan memperkenalkan bendera negara Merah Putih, lagu-lagu perjuangan dan lainnya. “Semua itu untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air, pembentukan karakter bangsa. Dan kerja sama ini tidak semata dilakukan dalam rangkaian TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-86 tetapi akan terus berlanjut,” kata Mendiknas.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta, mengatakan, dengan pendidikan bela negara, cinta Tanah Air sejak usia dini maka bangsa dan negara ini akan memiliki ketahanan terhadap ancaman paham-paham dan ideologi radikal.

Tulis Komentar Anda