Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Mitigasi Bencana Masuk RPJMD

February 5th, 2011 - Posted in Sumbar

Program mitigasi kebencanaan termasuk dalam satu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumatera Barat (Sumbar) 2011-2015.

“Sebagai salah satu daerah rawan bencana, kita sudah merencanakan program mitigasi kebencanaan dalam RPJMD untuk lima tahun ke depan,” jelas Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, usai menyerahkan Dokumen RPJMD Sumbar kepada DPRD Sumbar, Jum’at
(04/02).

Dikatakan Irwan, untuk menjalankan program mitigasi kebencanaan, dalam RPJMD terdapat Ranperda untuk mengatur pembangunan gedung. Perda tersebut akan mengatur tentang aturan pembangunan gedung agar ramah gempa. Sebab, Sumbar merupakan salah satu kawasan yang rawan terjadinya gempa.

“RPJMD telah pada DPRD Sumbar. Ini akan menjadi panduan pembangunan Sumbar 5 tahun ke depan. Nantinya akan dibahas oleh DPRD Sumbar selama 6 bulan,” ujar Irwan.

Kepala Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman, Dodi Ruswandi, mengatakan bahwa pengaturan tata bangunan memang harus dilakukan. Selama ini, peraturan tentang tata pembangunan gedung belum fokus pada bangunan ramah gempa. Namun, sejak gempa kerap melanda di Sumbar hal tersebut mau tak mau harus diatur. Apalagi mengingat Sumbar berada di daerah rawan bencana.

“Dulu kita tak terlalu fokus untuk mengatur hal itu. Perda yang mengatur hal tersebut harus ada agar kabupaten/kota bisa melaksanakan aturan tersebut di daerahnya,” terang Dodi.

Tulis Komentar Anda