Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Monumen Nasional Bela Negara Segera Dibangun di Halaban

January 23rd, 2011 - Posted in Berita Utama, Sumbar

Monumen Nasional (Monas) Bela Negara Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) akan segera dibangun di Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota. Kecamatan tersebut terpilih karena daerah tersebut menjadi tempat pertama kali dibentuknya Kabinet PDRI.

Dikatakan Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo, bahwa terpilihnya daerah tersebut sudah kesepakatan Tim Pembangunan Monas Bela Negara beberapa waktu lalu di Jakarta. Untuk lokasi pembangunan awalnya ada dua alternatif tempat. Pertama di daerah Lareh Sago
Halaban, sedangkan yang kedua di Gunuang Omeh, Koto Tinggi.

“Namun berdasarkan kesepakatan tim, Monas Bela Negara akan didirikan di Lareh Sago Halaban. Karena tempat tersebut merupakan daerah pertama kalinya kabinet PDRI dibentuk oleh Syafrudin Prawira Negara. Karena pada 1948 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berpusat di Yogyakarta kala itu, jatuh ke tangan Belanda,” ujar Alis usai napak tilas jejak PDRI serta meninjau lokasi pembangunan Monas Bela Negara di Lareh Sago Halaban dan Gunuang Omeh, Koto Tinggi.

Selain itu, Alis juga mengatakan bahwa pembangunan tersebut merupakan bentuk historis PDRI pernah berdiri di Sumatera Barat. Monas Bela Negara tersebut merupakan bentuk pengakuan secara Nasional bahwa PDRI pernah menyelamatkan NKRI dari kejatuhan, saat agresi Belanda di tahun 1948. Sehingga berdirinya PDRI pada 19 Desember 1948 diperingati sebagai Hari Bela Negara sesuai Kepres. RI No. 28 Th. 2006.

Dalam kesempatan itu pun, Alis mengaku bahwa pergerakan PDRI memang dilakukan secara mobile atau berpindah-pindah. Maka Tugu Peringatan PDRI juga didirikan di Bidar Alam, Kabupaten Solok Selatan dan Kota Bukittinggi. Sebab dua daerah itu sempat menjadi tempat pergerakan pejuang PDRI. Sebelumnya, di Gunuang Omeh, Koto Tinggi, pun telah berdiri tegak Tugu Perjuangan PDRI di dekat Kantor PDRI.

Tulis Komentar Anda