Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim Dilantik sebagai Gubernur/Wagub Sumbar

August 15th, 2010 - Posted in Safasindo News, Sumbar

Padang, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat terpilih Irwan Prayitno-Muslim Kasim akan dilantik hari ini oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi atas nama Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono. Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2010-2015 tersebut dilakukan dalam Sidang Paripurna DPRD Sumatera Barat di garasi kendaraan DPRD setempat.

Di samping dihadiri oleh para pejabat dari dalam negeri, seperti sejumlah anggota DPR dan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, pelantikan tersebut rencananya juga akan dihadiri pejabat dari luar negeri, seperti Menteri Pertahanan Malaysia.

Mengingat banyaknya tamu undangan yang berasal dari berbagai kalangan terutama para pejabat dalam maupun luar negeri tersebut, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mengerahkan sedikitnya 564 personil yang terdiri dari personil Polresta Padang, Brimob dan Samapta Polda serta dibantu dengan satuan pengamanan lainnya, seperti Satpol PP dan Dinas Pehubungan.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat AKBP Kawedar mengatakan, meskipun tidak ada pengamanan khusus, namun pihaknya menerapkan dan memantapkan sejumlah pola pengamanan yakni, pengamanan tertutup, terbuka dan pengaturan lalulintas. Menurut AKBP Kawedar, pihaknya yakin apabila terjadi kekacauan maupun kerusuhan terkait acara pelantikan tersebut, polisi bisa mengatasinya dengan strategi pengamanan yang telah dipersiapkan.

Pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat setelah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU Sumatera Barat) melalui penghitungan manual, dan diyatakan sebagai pemenang Pemilukada yang digelar 30 Juni 2010 lalu. Pasangan Irwan Prayitn -Muslim Kasim tersebut meraih total suara 657 ribu 763 suara atau 32 koma 44 persen suara, menyisihkan empat pasangan peserta Pemilukada lainnya.

Tulis Komentar Anda