Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Pemprov Bakal Tambah Dua Dinas Lagi?

January 15th, 2011 - Posted in Berita Utama, Sumbar

PADANG- Bila pada tahun lalu pemprov berusaha memperkurus jumlah lembaga dan instansi di lingkungannya, tahun depan pada 2012 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumatera Barat (Sumbar) akan menambah dua dinas baru. Kedua dinas itu Dinas Pemuda dan Olah Raga serta Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah sengaja dipisahkan agar bisa bekerja lebih fokus. Saat ini hal tersebut tengah diusulkan kepada DPRD Provinsi Sumbar.

“Kita tengah mengusulkannya pada DPRD dalam bentuk Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk tahun 2012 mendatang,” jelas Gubernur Sumatera Barat, Jum’at (14/01), kepada wartawan.

Dikatakan Irwan, berdiri sedirinya dua dinas itu sebagai bentuk fokus kerja. Agar dua dinas itu bisa bekerja lebih fokus. Dinas Pemuda dan Olahraga bisa fokus mengurusi bidang olah raga. Tidak seperti sebelumnya yang bergabung dengan Dinas Pendidikan
Fokus kerja juga harus dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, yang sebelumnya bergabung dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Ini dilakukan agar lebih fokus pada program. Misal Dinas Koperasi dan UKM akan fokus pada pengembangan UKM dan Koperasi. Begitu juga dengan pengembangan di bidang Olahraga,” ujar Irwan.

Jadi, kata Irwan, tahun 2011 ini masih menggunakan SOTK yang ada. Untuk penambahan dua dinas tersebut kini masih tengah diajukan ke DPRD. Diharapkan setelah 6 bulan pembahasan usulan tersebut dapat dianggarkan dalam APBD tahun 2012. Sehingga tahun 2012, dua dinas yaitu Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah bisa menjadi SKPD baru.

Tulis Komentar Anda