Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Pendeta Inisiator Pembakaran Alquran Akhirnya Dicekal ke Inggris

January 20th, 2011 - Posted in International

Pendeta asal Florida, Amerika Serikat, Terry Jones, yang sempat menjadi buah bibir pemberitaan karena ajakannya untuk membakar Alquran akhirnya dilarang mengunjungi Inggris. Pemerintah Inggris mengatakan hal itu pada hari Rabu.

Terry Jones mengancam  untuk membakar kitab suci Islam pada hari peringatan serangan 11 September tahun lalu dan provokasinya menuai  kecaman luas. Akhir tahun lalu, ia diundang sebuah kelompok yang kritis terhadap imigrasi Islam ke Inggris.

“Pemerintah menentang ekstremisme dalam segala bentuknya di Inggris, tak terkecuali Pendeta Terry Jones. Sejumlah komentar yang dibuat oleh Pendeta Jones adalah bukti perilaku tidak dapat diterima, ” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Inggris.

“Datang ke Inggris adalah sebuah hak istimewa,  dan kami tidak bersedia untuk membiarkan masuk orang-orang yang kehadirannya tidak kondusif untuk kepentingan publik,” kata pernyataan itu.

Jones, yang memimpin sebuah gereja kecil yang disebut Dove World Outreach Center, mengatakan pada Sky News ia kecewa dengan larangan tersebut. “Kami akan meminta itu kembali dan larangan dicabut,” kata Jones. “Kami merasa ini adalah hak asasi manusia untuk perjalanan dan kebebasan berbicara.”

Sebuah kelompok yang disebut “Inggris Is Ours”, di situsnya, mengatakan telah mengundang Jones untuk mengunjungi Inggris dan “bergabung dengan kami dalam serangkaian demonstrasi melawan ekspansi Islam dan pembangunan masjid di Inggris”.

Kelompok-kelompok lain telah mendesak pemerintah Inggris untuk melarang Jones.

Tulis Komentar Anda