Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Penyakit tak Menular Penyebab Kematian di Seluruh Dunia

April 28th, 2011 - Posted in Safasindo News

Penyakit tak menular (NCDs) adalah pembunuh utama hari ini dan meningkat terus, kata juru bicara PBB Martin Nesirky di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Rabu (27/4). “Kenaikan NCDs kronis menjadi tantangan yang sangat besar,” kata Nesirky kepada wartawan di Markas PBB. Ia mengutip pernyataan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Chan, “Buat sebagian negara, tak berlebihan untuk menggambarkan situasi itu sebagai bencana yang mengintai; bencana bagi kesehatan, bagi masyarakat, dan yang terpenting bagi ekonomi nasional.”

WHO mengeluarkan laporan status global pertama mengenai NCDs, Rabu (27/4), yang menyatakan 36,1 juta orang meninggal pada 2008 akibat kondisi seperti sakit jantung, stroke, penyakit paru-paru kronis, kanker dan diabetes. Sementara itu negara yang berpenghasilan rendah dan menengah menghadapi hampir 80 persen kematian akibat semua penyakit tersebut.

Namun, jutaan kematian dapat dicegah dengan penerapan lebih kuat semua tindakan yang ada hari ini seperti pemantauan anti-tembakau yang lebih kuat dan peningkatan makanan yang lebih sehat, kegiatan fisik dan pengurangan penggunaan alkohol secara berbahaya, serta peningkatan akses manusia ke perawatan kesehatan dasar, tambah Nesirky.

Laporan baru itu dikeluarkan selama Forum Global WHO mengenai NCDs, yang dihadiri oleh 300 tokoh penting dari seluruh dunia di Moskow, Rusia, untuk melakukan tindakan mengenai NCDs. Forum tersebut menyediakan saran buat semua negara dan memberi perhatian khusus pada kondisi di negara yang berpenghasilan rendah dan menengah, yang menghadapi serangan paling keras NCDs.

Tulis Komentar Anda