Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Permainan Tradisional Lebih Membangkitkan Kreatifitas Anak

February 19th, 2011 - Posted in Sumbar

Berbagai permainan tradisional anak-anak dirasakan perlu kembali diterapkan ke tengah generasi penerus, sebagai upaya meningkatkan kreatifitas anak-anak itu sendiri.

Kabid Diklusepora Dinas Pendidikan Sawahlunto, Syafruddin Syarif mengatakan, permainan tradisional yang memanfaatkan alam sebagai sumber bahan baku dan dibuat sendiri dinilai mampu menimbulkan kreatifitas anak.

“Permainan tradisional seperti patok lele dari kayu, ucak dari batu hingga semba lakon, enggrang dan berbagai permainan tradisional yang memanfaatkan alam sebagai sumber bahan baku dan dibuat sendiri oleh anak, dinilai mampu menimbulkan daya inovasi dan kreasi dalam diri anak, disamping mengasah motorik dan fisiknya” katanya kepada padangmedia.com

Berbeda dengan permainan anak-anak saat ini, sebutnya, yang bisa dikatakan sebagai permainan modern, dimana semua permainannya telah disediakan dan bisa didapatkan langsung di pasaran.

“Anak-anak saat ini memang lebih dimanjakan dengan berbagai permainan modern, yang telah tersedia di pasaran, perkembangan teknologi memang ikut berperan dalam mematikan daya kreatifitas anak-anak dalam mendapatkan permainan,” kata mantan Kabag Humas Setdako ini.

Permainan tradisional yang kini telah terpinggirkan dan tergerus waktu, akibat kemajuan teknologi. Saat ini, anak-anak calon generasi penerus itu, tidak lagi memikirkan bagaimana mendapatkan atau membuat mainan sendiri.

“Hilangnya permainan tradisional dari tengah anak-anak, membuat daya kreasi anak-anak ikut hilang,” pungkasnya.

Tulis Komentar Anda