Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Ditargetkan Lebih 6 persen

January 29th, 2011 - Posted in Berita Utama, Sumbar

PADANG- Angka Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Barat (Sumbar) di tahun 2011 ini ditargetkan mencapai lebih dari enam persen. Sebab saat ini ekonomi Sumbar telah cukup berkembang pasca Gempa September 2009 lalu.

Dibandingkan tahun 2009 lalu pertumbuhan Ekonomi Sumbar hanya 4,9 persen. Sementara pada 2010 lalu hanya 5,5 persen. Keduanya dibawah pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun tersebut yang mencapai enam persen.

“Saat ini ekonomi sudah menggeliat kembali. Sumbar menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun 2011 ini bisa mencapai lebih dari enam persen,” jelas Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim, Jum’at (28/01) usai mengahadiri Cluster Summit 2011 Bank Indonesia, di Dang Tuanku Convention, Pusako Hotel.

Dikatakan Muslim, saat ini geliat ekonomi sudah mulai membaik sehingga angka pertumbuhan ekonomi bisa meningkat. Serta dunia perbankan telah memberanikan diri untuk membuka peluang kredit terutama pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Saat ini ada 650 Ribu orang pelaku UKM di Sumbar. Mereka adalah yang menggerakkan sektro rill perekonomian Sumbar. Bahkan saat ini Bank Indonesia (BI) bersama dunia perbankan Sumbar membentuk cluster yang bisa membantu pengembangan UKM di Sumbar. Sebagai terobosan mendukung sistem ekonomi kerakyatan.

Kepala BI Cabang Padang, Romeo Rissal Pandji Alam, mengatakan cluster terbentuk dengan hadirnya para pembina UKM. Mereka berasal dari dunia perbankan yang akan membantu para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya serta memasarkannya.

“Jadi cluster merupakan dukungan buat UKM, membantu pengembangan dan pemasaran. UKM jadi lebih menggerakkan sektor rill di tengah masyarakat,” ujarnya. (

Tulis Komentar Anda