Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Pimpin Apel Gabungan di Poliko, Wawako Ajak ASN Jaga Marwah sebagai Abdi Negara

April 17th, 2018 - Posted in Sumbar

Payakumbuh- Menuju Payakumbuh Menang. Demikian tagline kampanye Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz saat berkampanye pada Pilkada Payakumbuh 2017 silam.

Tak sekedar tagline, saat terpilih dan menjabat sebagai wakil walikota, Erwin Yunaz dalam berbagai kesempatan terus berusaha mewujudkan tagline tersebut dengan mengajak berbagai elemen masyarakat, termasuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh agar bisa bersama-sama mewujudkan Payakumbuh Menang.

Seperti Senin (26/3), secara mendadak, Wawako Erwin mengambil apel gabungan dinas/instansi Pemko Payakumbuh yang berkantor di Balaikota Payakumbuh Baru, di ex.Lapangan Kapten Tantawi.

Dalam amanatnya, Wawako Erwin menyentil perilaku sebagian ASN yang tidak mampu menjaga amanat dan marwah sebagai seorang abdi negara. Menurutnya, profesi sebagai ASN merupakan profesi yang mulia dan cukup bergengsi pada saat ini.

“Kita harus tanamkan kebanggaan sebagai seorang PNS dengan bersikap amanah dalam setiap pekerjaan yang dibebankan kepada kita. Untuk bisa berseragan kuning ini (PNS-red), susahnya bukan main. Saya saja habiskan banyak dana dalam Pilkada untuk bisa memakai seragam kuning ini, jadi bersyukurlah anda, hidup anda dijamin negara hingga akhir hayat, laksanakan amanat sebaik mungkin, niatkan ia untuk ibadah,” pesan Wawako Erwin.

Wawako Erwin meminta agar para ASN bisa menjadi pionir dalam sikap dan perilaku, utamanya penegakan peraturan dan disiplin. ASN harus menjadi teladan bagi masyarakat terkait penegakan aturan.

“ASN harus menjadi teladan bagi masyarakat dalam melaksanakan aturan, jangan ASN pula yang memberi contoh tidak baik bagi masyarakat,” ujar Wawako Erwin.

Hal itu disampaikan Erwin bukan tanpa alasan. Erwin melihat masih ada oknum ASN justru menjadi pihak yang melanggar peraturan yang berlaku, seperti Perda larangan merokok didalam ruangan kantor.

“Saya sering mendapati, masih ada ASN kita yang merokok dalam ruangan, bahkan ruangan ber-AC. Hal itu kan melanggar Perda tentang kawasan dilarang merokok. Bahkan ada hal fatal dimana diruang tersebut juga ada ASN perempuan yang dalam kondisi hamil, itu sangat berbahaya bagi ibu dan anak yang dikandungnya,” cerita Erwin

Erwin mengaku tak segan-segan menegur dan menasehati para ASN tersebut agar mentaati aturan yang ada. “Pernah saya menasehati oknum ASN yang merokok didalam ruang ber-AC tersebut, tak lama kemudian muncul berita miring tentang sikap saya tersebut. Bagi saya biarlah, yang penting kebenaran itu harus disampaikan, demi kebaikan bersama,” kenang Wawako Erwin.

Erwin meminta agar pimpinan OPD betul-betul serius membenahi hal-hal yang terlihat sepele, akan tetapi cukup besar dampak yang ditimbulkan, seperti merokok dalam ruangan tersebut.

“Saya dapat kabar, ibu hamil yang dulu terpapar asap rokok itu meninggal dunia beserta janinnya. Apakah ada pengaruh asap rokok? wallahu’alam. Yang jelas, mari jadikan itu sebgai pelajaran untuk perbaikan kedepan,” ajaknya.

Wawako meminta agar selu…
Turun ke Kelurahan, Walikota Minta Kantor Lurah Padang Tiakar Diperluas

Kebijakan penggabungan kelurahan yang diterapkan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi tidak sekedar menggabungkan dua atau lebih kelurahan menjadi satu, kebijakan itu juga diikuti dengan penyiapan sarana prasarana penunjang agar fungsi pemerintah kelurahan dapat dijalankan dengan sebaik mungkin.

Kelurahan Padang Tiakar, yang merupakan gabungan Kelurahan Padang Tiakar Mudik dan Padang Tiakar Hilir memperoleh perhatian serius dari Walikota Payakumbuh, Riza Falepi. Senin (26/3) Walikota melakukan tinjauan lapangan guna melihat lokasi Kantor Lurah Padang Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur sekaligus memastikan rencana pembangunan kantor lurah oadangbtiakar yang baru.

“Untuk kelurahan yang bergabung, pembangunan kantor lurah menjadi prioritas kita, termasuk Kelurahan Padang Tiakar ini,” ujar Walikota Payakumbuh, Riza Falepi didampingi Kabag Pemerintahan Atur Satria, Kepala Bappeda diwakili Kabid Onwilson, Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinasdi, Kabid Kehumasan Irwan Suwandi, dan Lurah Padang Tiakar Syamsir.

Dikatakan walikota, untuk dapat berfungsi secara ideal, luas ideal areal kantor lurah berkisar antara 400-600 meter persegi.

“Kelurahan merupakan ujung tombak pemerintah kota, wajah kelurahan merupakan wajah walikota, sehingga perlu disediakan sarana prasarana yang memadai termasuk fisik kantor lurahnya. Kita berharap dengab fisik kantor yang memadai maka fungsi pelayanan publiknya bisa dilakukan dengan optimal dan memberi rasa nyaman bagi masyarakat,” ujar Walikota Riza Falepi.

Ditambahkan Riza, bahwa dahulu ada ungkapan bahwa kelurahan merupakan tempat buangan pegawai. Akan tetapi pada era kepemimpinannya, kelurahan merupakan front office nya Pemko, dimana baik buruknya pelayanan Pemko terletak di kantor lurah.

“Insyaa Allah kedepan, kami akan perluas kewenangan pemerintah kelurahan dengan beberapa pelimpahan kewenangan, kita harap aparat kita dikelurahan mempersiapkan diri untuk pelimpahan kewenangan itu,” tambahnya.

Kantor Lurah Padang Tiakar sendiri masih menempati bangunan lama, berupa hibah tanah dan rumah dari keluarga salah seorang warga disana bernama Syahrul Adjiruddin. Keadaan bangunan yang sempit tidak memungkinkan lagi bangunan tersebut dapat memfasilitasi pelayanan optimal bagi warga, apalagi Padang Tiakar merupakan kelurahan penggabungan.

“Kantor kita cukup kecil, saat ini hanya bisa diperuntukkan bagi ruang pelayanan dan ruang staf kelurahan, sementara untuk ruang pertemuan, kita tidak memiliki tempat yang memadai,” ujar Lurah Padang Tiakar, Syamsir.

Menyikapi hal itu, Walikota Payakumbuh telah memerintahkan Camat Payakumbuh Timur untuk mengusahakan perluasan areal kelurahan dengan pembebasan tanah sekitar atau mencari tanah baru untuk lokasi kantor lurah.

“Kita telah siapkan dua alternatif pak, pertama kita akan bebaskan tanah dibelakang kantor lurah, dan kedua kita akan upayakan tukar guling dengan tanah milik pak
Syahrul Adjiruddin didekat kantor ini pak, sedang dalam proses pak” lapor Camat Timur, L. Kefrinasdi. (*)

Humas-Kominfo Kota Payakumbuh

Tulis Komentar Anda