Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Pinjaman Bank Dunia Berdampak Buruk Pada APBD

February 6th, 2011 - Posted in Sumbar

Pinjaman Bank Dunia berdampak buruk pada APBD kota Sawahlunto, terutama dengan dijadikan agunan.

Wakil ketua Komisi A Dasrial Ery, SE mengatakan, pinjaman kepada Bank Dunia untuk pembangunan pasar akan berdampak buruk pada APBD, “Agunannya memang Dana Alokasi Umum, akan tetapi nantinya akan berdampak pada APBD,”kata Dasrial .

Jika dalam pelunasan pinjaman selama 20 tahun tersebut tersendat, ungkapnya maka DAU langsung dipotong dari pusat, untuk menanggulangi gaji pegawai terpaksa dari APBD, “Jika angsuran macet, maka dana APBD akan disalurkan untuk menambah DAU yang Di potong dan ini berakibat pembangunan di Kota Sawahlunto tidak sesuai rencana,”kata politisi PDI Perjuangan.

Keputusan Pemerintah Kota untuk meminjam pada Bank dunia, katanya, kenapa tidak pada Bank lokal seperti Bank Nagari. “Bank Nagari saja bisa meminjamkan dana kepada Provinsi Bengkulu untuk pembangunan pasca gempa, kenapa Pemko tidak mencoba”kata Mantan Kepala Desa Kolok Mudik tahun 1992 ini.

Seharusnya peminjaman pada Bank Dunia merupakan pilihan terakhir, bukan pilihan pertama, masih bisa secara berangsur dibangun melalui APBD, “ maka secara kepartaian PDI Perjuangan tetap menolak pembangunan pasar dengan dana pinjaman bank dunia, seperti ini” pungkasnya.

Tulis Komentar Anda