Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Seperti Ponsel, ATM Sama Kotornya dengan Toilet

January 15th, 2011 - Posted in Safasindo News

Berhati-hatilah menjaga kesehatan Anda. Para peneliti menemukan, mesin anjungan tunai mandiri (ATM) sama kotornya dengan toilet umum. Karena, di mesin transaksi perbankan itu juga tak ubahnya sarang bakteri. Demikian hasil penelitian para peneliti BioCote di London, Inggris, baru-baru ini.

Seperti dilansir Zee News, para peneliti juga memaparkan bakteri-bakteri yang berkembang di mesin ATM yang sama banyaknya dengan bakteri di toilet umum. Bahkan, para peneliti memboyong keypad atau papan tombol input sebuah mesin ATM untuk diteliti di bawah mikroskop dan membandingkannya dengan dudukan toilet sebuah toilet umum setempat.

“Kami sangat terkejut dengan hasil penelitian ini. Sebab mesin ATM ternyata menjadi sarang dari begitu banyak bakteri layaknya toilet umum yang dapat menjadi momok bagi kesehatan manusia,” kata Richard Hastings, pakar mikrobiologi dari BioCote. “Di kedua objek tersebut ditemukan bakteri pseudomonad dan basil yang memicu penularan diare dan penyakit lain.”

Dalam sebuah jajak pendapat pada konsumen terungkap, toilet menempati peringkat pertama sebagai tempat paling jorok, sedangkan ATM menempati peringkat ke-10. Tempat lainnya yang dinilai sebagai sarang berkembangnya bakteri adalah boks telepon umum, serta tempat duduk bis dan kereta.

Sebelum ini, Joanna Verran, profesor mikrobiologi dari Manchester Metropolitan University mengungkapkan, telepon seluler (ponsel) anda dihuni lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet, sol sepatu atau pegangan pintu.

“Kombinasi dari perawatan dan panas dan panas yang ditimbulkan oleh telepon menciptakan sarang utama bagi semua jenis bakteri yang biasanya ditemukan dalam kulit kita,” kata Joanna.

Bakteri itu termasuk “staphylococcus aureus,” yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat sampai bisul, pneumonia hingga meningitis.

Tulis Komentar Anda