Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Setelah Sotra Fanda, Giliran Vebri Ramandes Dinilai Untuk Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2015

October 3rd, 2015 - Posted in Berita Utama

Setelah Sotra Fanda, Giliran Vebri Ramandes Dinilai

Untuk Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2015

 

 

Sarilamak, Tahun 2015 ini memang tahun penuh Prestasi yang diraih oleh Bidang Kepemudaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini terbukti dengan banyaknya putra-putri terbaik Lima Puluh Kota yang meraih prestasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dibidang kepemudaan baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

“Seperti hari ini, kita dari Kabupaten Lima Puluh patutu berbangga karena dari 5 (lima) Bidang Kepeloporan yang diperlombakan, Pemuda kita berhasil meraih peringkat pertama untuk 2 (dua) Bidang kepeloporan. Yang pertama yaitu Bidang Teknologi Tepat Guna, Komunikasi dan Informasi, dimana Sotra Fanda berhak mewakili Sumbar untuk seleksi tingkat Nasional. Dan satu lagi untuk Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, diraih oleh pemuda kita atas nama Vebri Ramandes masih dari Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota” Demikian Zuhardi, S.Pd menjelaskan ketika ditanya Safasindo Fm.

Selanjutnya dia menambahkan, selain meraih prestasi dari Pemuda Pelopor, Kabupaten Limapuluh Kota juga meraih prestasi lainnya seperti Beni Wahyuda, A.Md peserta JPI dan BPAP Tahun 2015 mewakili Sumbar yang akan dilaksanakan di Kepulauan Riau, M. Zalman satu-satunya peserta pendidikan Bela Negara yang mewakili Sumatera Barat dan berasal Dari Nagari Andiang, untuk Program SP3 Kita juga merekomendasikan 2 orang pemuda dari Daerah ini, untuk Program PPAN untuk tahun 2015 ini juga salah satu pesertanya dari Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk Paskibra peserta dari Lima Puluh Kota dipercaya sebagai pembawa benderanya.

Untuk tahun 2015 ini, setelah siang kemaren (Jum’at/2 Oktober) penilaian dilakukan untuk Fact Finding ke tempat tinggal Sotra Fanda, malamnya dilanjutkan penilaian dan Fact Finding ketempat berdomisilinya Vebri Ramandes. Seperti diketahui bahwa Untuk bidang Kepeloporan Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan diraih oleh Vebri Ramandes dan berhak mewakili Sumbar untuk tingkat nasional.

“Saya sangat bersyukur dan berharap untuk tingkat nasional ini kembali mendapatkan hasil yang terbaik” demikian harap Vebri Ramandes.

Karya yang diciptakan oleh Vebri Ramandes ini adalah pemanfaatan limbah tempurung untuk diolah menjadi barang seni berupa gantungan kunci dan Lampion. Tidak hanya limbah tempurung yang dimanfaatkannya, untuk pengganti besi atau benang penggantungya Vebri memanfaatkan serat kulit daun nenas dan buah tasbih. “Jadi dalam pembuatan barang kerajinan ini saya memanfaatkan seluruhnya dari limbah” tambahnya.

Setelah proses penilaian dan Fact Finding dilaksanakan, Victus Murin yang bertindak selaku Dewan Juri dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia berpesan agar usaha kerajinan ini tetap dilanjutkan terlepas menang atau tidaknya ditingkat nasional nantinya.

“Jika ada kendala dan permasalahan, sampaikan dan mohonkan bantuan kepada pemerintah setempat, baik pihak nagari, kecamatan maupun langsung kepemrintah daerah melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang membidangi program ini” Tutupnya. (Alt)

 

Kemenpora

Tulis Komentar Anda