Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Sotra Fanda Dinilai Sebagai Pemuda PeloporTingkat Nasional 2015

October 2nd, 2015 - Posted in Sumbar

Photo0221

 

Sarilamak, Seleksi dan pemilihan Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten Limapuluh Kota sudah dilaksanakan dan para pemenangnya juga sudah disampaikan ke Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat. Demikian juga halnya dengan seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Sumatera Barat yang juga telah dilaksanakan pada bulan Agustus yang lalu. Hari ini Jum’at (2 Oktober 2015) Penilaian Pemuda Pelopor untuk tingkat Nasional tahun 2015 juga sudah dimulai.

Penilaian Pemuda Pelopor Untuk tingkat Nasional Tahun 2015 yang mewakili Provinsi Sumatera Barat diawali dengan Fact Finding ke Calon Pemuda Pelopor Sotra Fanda di Nagari Sarilamak Kecamatan Harau. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa Sotra Fanda berhasil meraih peringkat pertama untuk Bidang Kepeloporan Teknologi Tepat Guna, Komunikasi dan Informasi dan dipercaya mewakili Sumatera Barat untuk seleksi di tingkat nasional.

Adapun produk yang menjadi karya kepeloporan Sotra Fanda yaitu Membuat Alat Pengiris Pinang Muda dan Pembelah Pinang Tua yang dikombinasi menjadi satu alat. “Alat ini sudah sangat lama saya pikirkan karena dilatarbelakangi banyaknya masyarakat yang bergerak atau bermata pencaharian sebagai pembelah pinang terutama keluarga sendiri” demikian ungkap Fanda ketika dikonfirmasi Safasindo FM.

Dia menambahkan bahwa alat ini dibuat dengan harapan lebih efektif dan efisien digunakan oleh para petani pembelah pinang, sehingga lebih hemat dari segi waktu dan terhindar dari kecalakaan atau terluka saat bekerja.

Sementara itu Victus Murin yang bertindak selaku Dewan Juri dari Kementrian Pemuda dan Olahraga sangat mengapresiasi karya Sotra Fanda ini. “Ini sebuah karya yang sangat bernilai guna, tentu sangat dibutuhkan oleh para petani kita disini” Imbuhnya.

Selanjutnya dia berharap agar karya ini dapat lebih disempurnakan, diproduksi dalam jumlah yang banyak sehingga siap untuk dipasarkan. “Dan yang lebih penting bagaimana Karya Anak muda ini bisa segera diurus Hak Patennya” demikian tutupnya.

Sama halnya dengan tahun 2014 yang lalu, untuk tahun 2015 ini ada 5 (lima) bidang Kepeloporan Pemuda yang diperlombakan yaitu:

1. Bidang Pendidikan

2. Bidang Sosial, Budaya, Pariwisata dan Bela Negara

3. Bidang Pangan

4. Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan

5. Bidang Teknologi Tepat Guna, Komunikasi dan Informasi (Alt)

 

 

Tulis Komentar Anda