Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Sumbar Salah Satu Pintu Masuk Peredaran Narkoba

June 26th, 2011 - Posted in Sumbar

Sumatera Barat (Sumbar) termasuk salah satu pintu masuk peredaran Narkoba. Oleh sebab itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumbar bakal mengintensifkan program pencegahan dan penyebaran narkoba di Sumbar. Salah satunya program wajib lapor.

“Program ini kita jalankan dengan kerjasama Pemerintah Sumbar dan Dinas Kesehatan Sumbar. Sehingga lahir nantinya lembaga navigasi sebagai tempat wajib lapor,” jelas
Kepala BNN Sumbar, Kombespol Arnowo terkait Peringatan Hari Narkoba Internasional, Minggu (26/06) ini.

Dikatakan Arnowo, lewat program ini para pecandu narkoba yang sudah terdata nanti diwajibkan untuk secara berkala melapor ke tempat wajib lapor ini secara berkala. Sehingga mereka mendapatkan pengobatan dan pembinaan. Data para pencandu akan didapatkan dari tahanan perkara narkoba yang telah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (LP).

Sebenarnya, kata Arnowo, program ini bukanlah program baru. Program ini termaktub dalam PP Nomor 25 tahun 2011 tentang wajib lapor. Tapi sayang, penerapannya masih menunggu waktu. Sebab aakan dirancang segera sistem dan koordinasi dengan berbagai dinas. Sehingga program bisa diefektifkan dan berjalan baik.

Menurut Arnowo, program ini sangat efektif untuk mengurangi jumlah pecandu narkoba. Bila pecandu mendapat perawatan secara berkala maka ia tidak akan kembali menjadi pecandu.

“Jadi pendekatan medis dan emosional lebih efektif bagi para pencandu. Sehingga pasar peredaran narkoba di Sumbar menipis. Sebab pecandu tidak lagi mengkonsumsi narkoba,” ungkapnya.

Tulis Komentar Anda