Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

SURAT DARI MESIR 380 Mahasiswa Minang Masih Aman

February 3rd, 2011 - Posted in Sumbar

Sampai saat ini mahasiswa/i asal Sumbar yang bergabung dengan KMM (Kesepakatan Mahasiswa Minangkabau) yang berjumlah 380 orang masih dalam keadaaan aman dan belum merasakan efek dari prilaku anarkis demonstran.

Rasa aman ini dirasakan di Kairo dan di provinsi-provinsi selain Kairo. Sejauh ini masyarakat minang yang umumnya jauh dari lokasi-lokasi demo tidak ikut terlibat demonstrasi.

Ketua KMM Mesir Alnofiandri Dinar melalui email ke redaksi padangmedia.com menyebutkan, secara umum masyarakat Indonesia dan masyarakat Mesir memiliki hubungan baik, sehingganya sampai saat ini belum ada tindak anarkis.

Untuk logistik, barangkali memang sudah mulai langka atau bisa didapatkan tapi dengan harga mahal. Namun sebagian besar warga sudah siaga dengan logistik sebelum kondisi di Mesir semakin memburuk. Di sisi lain, KBRI Kairo juga sudah menjamin untuk mengupayakan dengan maksimal untuk pemenuhan logistik warga, jikalau memang sangat mendesak.

Selasa (2/1) warga minang yang sudah dievakuasi sebanyak 26 dewasa dan 19 orang balita. Untuk evakuasi kedua (Kamis, 2/3) WNI di Mesir diprioritaskan WNI perempuan dan anak-anak. Untuk mahasiswa yang laki-laki, masih menunggu perkembangan politik Mesir dan keputusan dari KBRI Kairo berkoordinasi dengan pemerintah RI di Jakarta.

Sampai malam kini Rabu (2/2), pihaknya sudah mengajukan data anggota KMM Mesir yang perempuan yang sudah beranak dan anak-anak mereka serta seluruh mahasiswi sebanyak 78 orang, dewasa 64 orang dan 14 orang anak-anak balita. Data ini masih akan diolah oleh Posko Pusat Evakuasi di Konsuler KBRI Kairo, setelah itu baru dipastikan untuk pemberangkatan.

Ia selaku ketua KMM Mesir tetap menginformasikan tentang kondisi masyarakat Minang di Mesir kepada gubernur dan DPRD Sumbar. Selain itu berbagai media di Sumbar juga telah menjalin komunikasi dengan KMM.

Tulis Komentar Anda