Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Tahun 2015, Tidak Ada Lagi Daerah Tertinggal di Sumbar

March 5th, 2011 - Posted in Berita Utama, Sumbar

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan pada lima tahun mendatang tidak ada lagi daerah tertinggal di Sumbar.

Saat ini di Sumbar terdapat delapan daerah yang termasuk sebagai daerah tertinggal oleh Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KemenPDT). Daerah tersebut ialah Kabupaten Solok, Pesisir Selatan, Sijunjung, Pasaman Barat, Solok Selatan, Pasaman, Kepulauan Mentawai dan Dharmasraya.

“Jadi pada tahun 2015 mendatang, tidak ada lagi daerah tertinggal di Sumbar. Hal tersebut merupakan salah satu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumbar untuk lima tahun mendatang,” jelas Kepala Bappeda Sumbar, Rahmat Syahni, kepada padangmedia.com di ruangannya.

Dikatakan Rahmat, salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbar pada APBD tiap tahunnya akan mengarahkan dana di bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan serta kesehatan ke daerah tertinggal.

“Oleh sebab itu, pemerintah daerah setempat harus berperan aktif dalam upaya pengentasan daerah tertinggal di Sumbar. Salah satunya terus berkordinasi dengan KemenPDT dan Bappeda. Sehingga pada 2015 mendatang tidak ada lagi daerah tertinggal di Sumbar,” terang Rahmat.

Sebelumya, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (MenPDT), Ahmad Helmy Faishal Zaini, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Evaluasi Rencana Aksi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal 2010 lalu di Padang, mengatakan bahwa upaya pengentasan daerah tertinggal termasuk dalam salah satu dari 11 prioritas pembangunan nasional.

Selain itu, KemenPDT juga berupaya mendorong daerah tertinggal untuk membenahi pengelolaan sumber daya lokal. Guna pengembangan perekonomian. “Serta membenahi sistem pengelolaan keuangan daerah dan peningkatan Sumbar Daya Manusia (SDM). Juga mendorong stakeholders agar berpihak pada percepatan daerah tertinggal,” jelasnya.

Tulis Komentar Anda