Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Tanggap Darurat di Mentawai Dilanjutkan

December 17th, 2010 - Posted in Sumbar

PADANG – Hasil pertemuan antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dan Pemerintah Kabupaten Kepualaun Mentawai tadi malam, masa tanggap darurat pascatsunami dilanjutkan lagi setelah sempat dicabut pada 22 November 2010.

“Tanggap darurat kembali dilakukan dan berakhir pada 31 Desember 2010,” kata Kepala BNPB Syamsul Ma’arif kepada wartawan di Padang.

Diperpanjangnya masa tanggap darurat atas permintaan dari Bupati Kepulauan Mentawai Edison Saleleubaja. Menurut bupati, masa tanggap darurat masih diperlukan karena masyarakat korban tsunami masih membutuhkan perawatan.
“Lagipula hunian sementara yang sedianya selesai sebelum Natal, tampaknya tidak tercapai,’ kata bupati.

Masa tanggap darurat dibutuhkan untuk masa penyaluran bantuan. Saat ini Pemkab kesulitan menyediakan anggaran, karena APBD 2011 belum ditetapkan.
Sampai saat ini, masyarakat di Mentawai belum bisa menggerakkan perekonomian karena masih trauma, sementara mereka membutuhkan transportasi dan makanan.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menetapkan masa tanggap darurat selama dua minggu pasca gempa dan tsunami terjadi Mentawai pada 25 Oktober 2010. Lalu masa tanggap darurat diperpanjang dua minggu dan berakhir pada 22 November.(musfah

Tulis Komentar Anda