Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Tangki Minyak Medco di Riau Meledak

January 23rd, 2011 - Posted in Nasional

Satu unit tanki yang berisi minyak mentah milik PT Medco Energi Internasional di Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau, Sabtu (22/1) lalu meledak. Ledakan diduga akibat kelalaian pekerja.

Peristiwa yang merugikan penerimaan negara itu dialami Tanki I Pertamina berkapasitas 10.000 barel yang disewa Medco di Ukui, sekitar pukul 11.30 WIB. Namun, ledakan tersebut tidak menimbulkan koban jiwa.

“Meski tangki itu terbakar, tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan yang terjadi di lingkungan kerja itu,” ujar Kapolres Pelalawan, AKBP Ari Rachman Nafarin, melalui sambungan telepon kepada Antara di Pekanbaru.

Dia menjelaskan, dugaan sementara yang menyebabkan tanki itu meledak dan kemudian terbakar berasal dari api las listrik dari aktifitas pekerja yang melakukan tugas di sekitar lokasi kejadian. Seorang pekerja, Maniso (45), beberapa saat sebelum insiden itu, berada di lokasi dan sedang mengelas pipa minyak yang terhubung ke tanki yang terbakar itu.

Akibat peristiwa itu, tangki minyak mentah tersebut sempat megeluarkan kepulan asap hitam ke udara sembelum kemudian api bisa dipadamkan setelah sempat membakar selama lebih dari satu jam. Untuk mengembangkan penyidikan, petugas kepolisian setempat kemudian melakukan cek ke tempat kejadian perkara, meminta keterangan dari para saksi, mengamankan barang bukti dan memasang garis pembatas.

“Terbakarnya tanki itu murni kecelakaan di lingkungan kerja, dan tidak ada yang kita tahan karena peristiwa itu tidak menimbulkan korban ataupun menganggu ketertiban warga sekitar,” jelas Kapolres.

Pihak perusahaan PT Medco Energi Internasional, atau BPMIGAS Sumbagut selaku pengawas operasi di sektor hulu perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) hingga kini belum mengeluarkan keterangan resmi.

Tulis Komentar Anda