Radio SUMBAR untuk Nasional

BERITA TERBARU

Terletak di Lokasi Rawan Gempa, Reaktor Nuklir Iran Ancam Timur Tengah

April 3rd, 2011 - Posted in International

Walau terletak di sebuah area aktif secara seismik, Iran menyebut Bushehr (tempat pengolahan) tenaga nuklirnya dibangun dengan kekuatan yang dapat menahan gempa berkekuatan tinggi.

Namun karena peralatan yang telah uzur dan kurangnya pemeriksaan rutin, beberapa pihak mengatakan Bushehr itu masih menimbulkan ancaman bagi kawasan Teluk Arab.

“Bushehr telah dirancang untuk menahan gempa berkekuatan 8 skala Richter, dan mungkin sampai 9 skala Richter,” kata Dina Esfandiary, asisten peneliti di Institut Internasional untuk Studi Strategis, sebagaimana dilansir Al-Arabiya, (Sabtu 2/4). “Dengan demikian, meskipun terletak di zona rawan gempa, seharusnya tidak terpengaruh oleh tremor (getaran bumi) dan risiko penuaan peralatan.”

Pembangkit listrik 1.000 megawatt ini menggabungkan teknologi Jerman dan Rusia. Reaktor ini menggunakan pompa pendingin reaktor yang disuplai Jerman di awal proyek pada 1970 di bawah kekuasaan Shah Mohammed Reza Pahlevi.

Menurut Esfandiary, Rusia menggunakan pompa pendingin Jerman ke dalam tahap penyelesaian proyek. Namun, tiga minggu lalu gagal. “Ini adalah bukti bahwa peralatan pabrik sudah tua,” ujarnya.

Rosatom, agen energi nuklir yang dikelola pemerintah Rusia, mengatakan elemen-elemen yang terdapat pada salah satu dari empat pompa pendingin ditemukan rusak. Seperti Jepang, gempa bumi dapat mengganggu pasokan listrik Bushehr yang akan mencegah sistem pendingin bekerja secara efisien. “Pompa pendingin telah mengalami kerusakan,” kata Esfandiary.

Dia menambahkan gempa dapat merusak Bushehr dengan meretakkan kubah penahannya dan struktur yang menutupi reaktor nuklir. Kubah dirancang untuk menghindarkan diri dari radiasi.

Bushehr dibangun di kawasan tenggara Iran. Lokasinya tepat di persimpangan lempeng tektonik Arabia, Afrika dan Eurasia. Pada 2002, kawasan Bushehr diguncang gempa berkekuatan 4,6 skala Richter.

Tulis Komentar Anda