Wakil Walikota Erwin Yunas Terima Kunjungan Forum OSIS Kota Payakumbuh

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas terima kunjungan forum OSIS Kota Payakumbuh diruangan kerja Wakil Walikota,Jumat 30 Agustus 2019. Kunjungan tersebut untuk meminta Wakil Walikota jadi pemateri dalam seminar untuk memotifasi generasi muda kaum milenial dalam menghadapi seratus tahun Indonesia merdeka.

Terkait dari kegiatan tersebut Wakil Walikota sambut baik acara yang diadakan oleh forum OSIS Kota Payakumbuh. Adapun sasaran dari acaranya Wakil Walikota jelaskan bagaimana generasi muda ini mereka bisa mendapatkan informasi yang baik terkait pencapaian kemerdekaan ini, serta pengetahuan dasar tentang apa dan bagaimana mereka saat ini serta harapan pemerintah dimasa akan datang.

Berikut komentar Wakil Walikota Erwin Yunas

Wakil Walikota Erwin Yunas Hadiri Pencanangan Bulan Bhakti TNI KB Kesehatan

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas hadiri pencanangan Bulan Bhakti TNI KB Kesehatan Tingkat Kota Payakumbuh. Pencanangan Bulan Bhakti TNI KB Kesehatan berlangsung di halaman Puskesmas Padang Karambia,Jumat 30 Agustus 2019.

Pencanangan Bulan Bhakti TNI KB Kesehatan dihadiri Dandim 03/06 Limapuluhkota Letkol.Kav.Solikhin, unsur forkopimda Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluhkota, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr.Bakhrizal serta sejumlah pimpinan OPD Kota Payakumbuh.

Acara Bulan Bhakti TNI KB Kesehatan ini merupakan rangkaian dari Bulan Bhakti TNI dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74 tahun 2019 yang jatuhnya pada 5 Oktober mendatang.

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu wujud kerja sama yang baik antara TNI ,pemerintahan dan masyarakat. Melalui kegiatan tersebut Wakil Walikota jelaskan kita bisa menyampaikan kepada masyarakat , pemahaman yang baik tentang keluarga berencana dan perencanaan keluarga dimasa akan datang.

Berikut komentar Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas

Operasi Patuh 2019 Dimulai,Kapolres Kota Payakumbuh Himbau Jelang Bepergian Lengkapi Kelengkapan Kendraannya

Operasi Patuh 2019 yang diadakan serentak diberbagai wilayah di Indonesia yang dimulai dari tanggal 29 Agusutus 2019 hingga 11 September 2019 mendatang. Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Endrastiawan usai pelaksanaan upacara gelar pasukan yang didakan dihalaman Polres,Kamis 29 Agustus menyampaikan,operasi patuh bertujuan untuk meningkatkan kepatuahan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Selain itu AKBP Endrastiawan jelaskan razia yang berfokus untuk menindak pelanggaran lalu lintas ini bertujuan untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman,lancar dan tertip. Kepada masyarakat Kapolres menghimbau agar jelang bepergian, yang menggunakan kendraan roda dua dan roda empat agar masyarakat melengkapi seluruh kelengkapan kendraannya.

Berikut komentar Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Endrastiawan

Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo Pimpin Pisah Sambut Komandan Batalyon Infanteri Yonif 131 Braja Sakti

Batalyon Infanteri (Yonif) 131 Braja Sakti langsungkan acara pisah sambut komandan Batalyon dari pejabat yang lama Mayor Inf.Yusuf Saud Tanjung kepada yang baru Mayor Inf.Muhammad Erfani. Acara pisah sambut berlangsung di Markas Yonif setempat, Kamis 29 Agusutus 2019.

Acara pisah sambut dipimpin langsung Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo. Dalam wawancaranya bersama awak media Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan, terkaid berbagai peristiwa yang terjadi saat ini. TNI harus siap dalam kondisi apapun,selain itu saling memberikan informasi satu sama lain serta memonitor situasi yang berkembang.

Kepada Danyon yang baru Kunto Arif Wibowo sampaikan untuk bisa mengaplikasikan pengalamannya dan harus berani mengambil resiko yang lebih tinggi lagi.

Berikut komentar Kunto Arif Wibowo

Asisten III Tutup Payakumbuh Alek Silek 2019

Asisten III Setdako Amriul Dt.Karayiang mewakil Walikota tutup secara resmi Alek Silek yang digelar di Ngalau Indah,Rabu 28 Agustus 2019. Jelang penutupan berlangsung panitia acara menyuguhkan seni bela diri tradisional silek dihadapan Asisten III dan tamu undangan. Dengan penampilan yang lincah disertai satu buah pisau yang dimainkan oleh anak silek, membuat semua yang menonton kagum melihat pertunjukan tersebut.

Asisten III Amriul Dt.Karayiang dalam sambutannya menyampaikan ,bela diri ini perlu bagi generasi muda setidaknya untuk jaga diri. Seperti yang telah ditampilkan oleh anak silek, itu salah satu kemampuan untuk jaga diri.

Dengan telah terselenggaranya alek silek selama kurang lebih selama tiga hari dan semuanya berjalan lancar, selain itu juga dihadiri oleh tuo silek dari negara tetangga Malaysia. Insyaalloh sekiranya Kota Payakumbuh masih dipercayakan dalam acara ini,tahun depan Amriul Dt.Karayiang sampaikan Pemerintahan Kota Payakumbuh akan jadikan acara festiva alek silek ini dalam kalender acara setiap tahunnya.

Berikut komentar Asisten III Amriul Dt.karayiang

13 Sekolah di Kota Payakumbuh Ikuti Lomba Pelaksanaan Upacara Bendera

Sebanyak 13 sekolah tingkat SLTA di Kota Payakumbuh ikuti lomba pelaksanaan upacara bendera yang diadakan oleh Kesbangpol. Penilaian pelaksanaan upacara bendera dilangsungkan dilapangan Kubu Gadang, Selasa 27 Agustus 2019. Acara dibuka oleh Walikota yang diwakili oleh Asisten III Amriyul Dt.Karayiang.

Kepala kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh Budhy Dharma Permana menyampaikan kegiatan lomba berlangsung selama satu hari. Dalam penilaian Kesbangpol kerjasama dengan Kodim 0306 Limapuluhkota,Polres Kota Payakumbuh dan Purna Baskibraka Indonesia cabang Payakumbuh. Untuk juara harapan satu,dua dan tiga,serta yang masuk tiga besar langsung diumumkan sementara untuk juara satu ,dua dan tiga dilakukan penilaian kesekolah nantiknya.

Adapun target dan tujuan kegiatan ini untuk menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan kepada generasi muda, selain itu juga untuk membina generasi muda untuk disipilin,memiliki komitmen yang kokoh dan juga untuk membina kebersamaan. Melalui kegiatan ini Budhi berharap semoga bisa berdampak kegiatan yang positif bagi generasi muda, harapan bangsa dan juga Kota Payakumbuh.

Berikut komentar Budhi Dharma Permana

Tim SAR Hentikan Pencarian, Yusma Yang Diduga Hilang di Hutan Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan Kabupaten Limapuluhkota hentikan pencarian orang hilang. Yusma wanita lanjut usia umur 63 tahun, warga Jorong Kabun Nagari Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban,hilang dihutan menuju ladang miliknya,Selasa 20 Agustus 2019 yang lalu . Hingga saat ini wanita tersebut belum juga ditemukan.

Robi Saputra koordinator pos SAR Limapuluhkota yang dihubungi melalui sambungan telpon menyampaikan,penghentian pencarian buk Yusma ini sesuai SOP pencarian orang hilang yakni selama 7 hari. Sampai hari ke 7 pencarian tim tidak ada menemukan tanda –tanda satupun. Dari titik lokasi yang diduga hilangnya buk Yusma, Robi mengatakan tim telah mencari lebih kurang ada 10 km pencarian, dari sejauh pencarian tersebut tim tidak ada menemukan tanda- tandanya. Dan sesuai SOP, pencarian telah dilakukan selama 7 hari.

Kendati telah dihentikan pencarian, Robi menyampaikan tim SAR gabungan selanjutnya akan terus melakukan pemantauan, jika ada masyarakat menemukan tanda-tandanya tim siap untuk turun kelapangan untuk mencari kembali.

Berikut komentar Robi

12 Niniak Mamak Dikukuhkan,Ketua DPRD Berharap Niniak Mamak Bisa Memamjukan Nagari

Sebanyak 12 niniak mamak dinagari Aur Kuning telah dikukuhkan. Pengukuhan ditandai dengan penyisipan keris oleh Walikota , Ketua DPRD serta Forkopimda Kota Payakumbuh. Pengukuhan berlangsung dikantor KAN nagari Aur Kuning Minggu 25 Agustus 2019.

Dengan telah dikukuhkan, Walikota Payakumbuh Riza Falepi ucapkan selamat kepada semua niniak mamak yang telah dikukuhkan. Walikota berharap dengan telah diukukuh niniak mamak ini, mereka bisa membawa perubahan yang baik untuk nagari Aur Kuning kedepannya.

Sementara ketua DPRD Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam menyampaikan perhelatan dan pengukuhan niniak mamak ini suatu acara yang sakral dalam adat Minangkabau. Untuk menyelenggarakan butuh persiapan yang matang dan proses yang cukup lama. Dengan telah dikukuhkan niniak mamak ini, ketua DPRD berharap niniak mamak bisa memajukan nagarinya kearah yang lebih baik lagi.

Berikut komentar ketua DPRD

Anak Yatim Pengidap DBD, Asal Sungai Beringin Butuh Uluran Tangan Dermawan

Seorang anak yatim, bernama Fakhri Al Qalifi di Jorong Guguak, Nagari Sungai Beringin, Kec. Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota saat ini sedang kesulitan biaya karena menjalani perawatan intensif di RSUP M Djamil Padang.

Fakhri umur 10 tahun, anak dari pasangan Busriadi (almarhum) dan Elvita Yanes, dilaporkan keluarganya terjangkit virus Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak Jumat (16 Agustus 2019) lalu. Ibu Fakhri Elvita Yanes yang dihubungi Minggu malam 25 Agustus ,melalui telpon gemgamnya menyampaikan, sebelumnya Fakhri dirawat di RSUD Adnaan WD Payakumbuh. Setelah dirawat selama 2 hari di Payakumbuh, Fakhri akhirnya dirujuk ke Padang , karena trombosit dan HB darahnya menurun drastis.

Saat ini anaknya sudah berada dirumah sakait padang lebih kurang empat hari, ibu Fakhri yang sehari-hari seorang petani terbilang keluarga yang kurang mampu, sangat kesulitan mencari biaya obat dan rawat inap dirumah sakit,sementara BPJS sebelumnya tidak punya dan baru saja diurus,sesuai aturan 14 hari setelah pengurusan baru bisa dipakai.

Untuk satu malam biaya pengobatan melalui jalur umum biaya pengobatan mencapai lebih kurang 3 juta, belum lagi biaya akomodasi orang tua dirumah sakit. Bagi dermawan yang peduli dan berniat membantu dapat melalui rekening: 6145121098 BCA An/ZURIATI (etek/adik dari Elfita Yanes). Atau bisa menghubungi telpon Elfita ke nomor : 085272198020.

Berikut komentar ibu Fakhri Elvita Yanes

24 Tahun Tak Adakan Batagak Pangulu,Nagari Aur Kuning Adakan Baralek Gadang

Nagari Aur Kuning adakan baralek gadang,dalam mengukuhkan dan melewakan pangulu dinagari tersebut. Sebanyak 12 pangulu akan dikukuhkan dibalai adat nagarian Aur Kuning. Acara perhelatan batagak pangulu akan diadakan selama dua hari Sabtu dan Minggu. Jelangan pelaksanaan batagak pangulu acara dimeriahkan dengan penampilan seni tradisional randai yang diadakan Jum’at malam 23 Agusutus 2019.

Ketua KAN kenagarian Aur Kuning Bujang M Nur Dt. Paduko Marajo disela menyaksikan seni tradisional randai menyampaikan, acara ini salah satu dalam memeriahkan batagak pangulu,sekaligus untuk menghibur masyarakat. Acara batagak pangulu tahun ini ketua KAN jelaskan, ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat,kenapa tidak, karna terakhir diadakan dinagari Aur Kuning ditahun 1995,artinya sudah ada 24 tahun berlalu dan baru tahun ini dilaksanakan kembali.

Melalui acara batagak pangulu ini ketua KAN berharap ini bisa mengangkat kembali seni dan tradisi budaya kita,melalui niniak mamak yang baru nantik Dt Paduko Marajo berharap niniak mamak tersebut bisa mengajak anak kemenakannya untuk mengembalikan kembali nilai-nilai adat dinagari Aur Kuning.

Berikut komentar Bujang M Nur Dt. Paduko Marajo