Bupati Resmi Launching Jesigo,Walinagari Berharap Bisa Dapat Bantuan Mesin Produksi

Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Irfendi Arbi launching minuman segar Jesigo produksi anak nagari Koto Tinggi. Launching Jesigo ini bersamaan dengan launching Gerakan Masyarakat HidupSehat yang diadakan di Sarasah Bunta Kecamatan Harau,Sabtu 28 September 2019.

Jesigo kependekan dari jeruk siam gunuang omeh ini merupakan karia anak nagari Koto Tinggi. Kreatifitas dan inofasi anak nagari tersebut dapat apresiasi oleh Bupati. Irfendi Arbi jelaskan ini patut ditiru dan dicontoh oleh nagari-nagari yang lain dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Kepada dinas terkait Bupati berharap agar bisa membantu dalam proses izin dan kebutuhan produksinya. Agar produksi dan pemasarannya bisa lebih baik lagi.

Walinagari Koto Tinggi Yovi Antoni kepada media jelaskan untuk saat ini proses produksinya masih melakukan proses manual,selain itu kemasannya juga belum sempurna. Untuk pasaran, saat ini masih kebutuhan lokal,karna ketahanan minumannya untuk diluar ruangan belum bisa bertahan lama. Saat ini dalam menjaga kesegaraannya disimpan dilemari pendingin atau showcase.

Agar produksi bisa lebih banyak dan bisa dipasarkan lebih jauh lagi walinagari berharap agar pemerintah,melalui dinas terkait bisa membatu baik izin nya dan juga produksinya.

Berikut komentar Yovi Antoni

Gerakan Masyakat Hidup Sehat ,Bupati Tekankan Pencegahan

Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Irfendi Arbi hadiri Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kegiatan berlangsung di Sarasah Bunta Tarantang Kecamatan Harau,Sabtu 28 September 2019. Hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Kesehatan Propinsi,Sekretaris Daerah dan OPD terkait.

Irfendi Arbi dalam sambutannya menyampaikan, dirinya apresiasi kegiatan yang diadakan di Sarasah Bunta ini. Dalam menyampaikan pola hidup sehat kepada masyarakat. Kedepan melalui dinas terkait Bupati berharap acara yang serupa juga diadakan ditempat- tempat yang lain,jangan hanya diacara GERMAS .Sehingga sasaran dalam menyampaikan pola hidup sehat, juga bisa diakses oleh masyarakat yang lainnya.

Terkait dari topik GERMAS tahun ini, yakni Pola Hidup Sehat, Bupati tekankan lakukan pencegahan. Kenapa pencegahan Irfendi Arbi jelaskan dengan melakukan pencegahan berarti kita secara tidak langsung telah melindungi diri kita dari berbagai penyakit, yang bisa merusak kesehatan tubuh kita. Untuk itu Bupati sampaikan mari kita lakukan besama-sama pencegahan ini mulai dari usia dini.

Berikut komentar Bupati Limapuluhkota Irefendi Arbi

Berbagi Dihari Jumat,Pengurus Mesjid Mukhlisin,Berikan Nasi Bungkus Kepada Jemaah

Pengurus Mesjid Mukhlisin Daya Bangun Kota Payakumbuh berikan nasi bungkus kepada jemaah sholat Jumat. Pemberian nasi bungkus ini diberikan kepada jemaah yang datang lebih awal dari jemaah lainnya. Kegiatan program ini merupakan salah satu cara memberikan motifasi kepada jemaah untuk datang lebih awal dan sekaligus juga untuk memakmurkan mesjid.

Salah seorang pengurus mesjid, ustad Agus Gunawan yang dihubungi melalui sambungan telpon,Jumat 27 September 2019. Ustad Agus Gunawan jelaskan dimana program ini baru dua kali berjalan. Pemberian nasi bungkus ini tidak kepada semua jemaah sholat Jumat tapi kepada jemaah yang datang lebih awal. Pada kegiatan berbagi nasi bungkus pada kegiatan yang kedua ini, Alhamdulillah pengurus mesjid bisa memberikan sebanyak 150 nasi bungkus. Adapun dananya bersumber dari sedekah jemaah yang ingin bebagi dihari jumat.

Selain berbagi berkah dihari Jumat pengurus Mesjid Mukhlisin juga memberikan berkah kepada jemaah yang kurang mampu,dengan memberikan dan membantu jemaah tersebut beras sebanyak 10 kg. Kegiatan program ini dilakukan satu bulan sekali. Dan setiap pagi jumatnya setelah sholat subuh pengurus mesjid juga melakukan minum bersama dengan jemaah mesjid. Adapun target dan sasaran dari kegiatan tersebut Ustad Agus Gunawan sampaikan untuk meramaikan dan memakmurkan mesjid. Selain untuk sarana ibadah mesjid juga salah satu tempat untuk melakukan kegiatan sosial.

Berikut komentar Agus Gunawan

Apresiasi DPRD dan Mahasiswa,Kapolres,Demo di Payakumbuh Tidak Ada Penyusup

Aksi demo mahasiswa Kota Payakumbuh berjalan dengan tertip aman dan tidak ada rusuh yang terjadi. Mulai dari keberangkatan dari Kampus UNAND II hingga masuk kegedung DPRD Kota Payakumbuh dalam menyampaikan aspirasinya mahasiswa. Dalam aksi demo yang berlangsung Kamis 26 September 2019,mahasiswa menutut agar DPRD Kota Payakumbuh mau menerima dan menyampaikan aspirasinya ke pusat.

Pertama mahasiswa memintak Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia untuk mengajukan peninjauan kembali ke Mahkamah Konstitusi. Kedua mahasiswa mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia untuk membatalkan pembahasan RKUHP, RUU Pertanahan, dan RUU lain yang tidak pro rakyat. Ketiga mahasiswa meminta agar mengadili pelaku pembakar hutan termasuk korporasi yang mendalanginya. Keempat Mendesak DPRD Kota Payakumbuh setuju dengan tuntutan mahasiswa, dan segera menyampaikan tuntutannya ke pusat.

Menyikapi dari semua tuntutan tersebut ketua sementara DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus mewakili anggota DPRD yang lain menyampaikan,DPRD Kota Payakumbuh menyetujui dan segra akan menyampaikan aspirasi mahasiswa ke pusat.

Melihat perjalanan demo mahasiswa dan sambutan anggota DPRD Kota Payakumbuh, Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Dony Setyawan menyampaikan dirinya apresiasi anggota DPRD Payakumbuh dan ucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang tidak melakukan perbuatan yang tidak baik.

Berikut komentar Kapolres AKBP Dony Setyawan

Kabut Asap Semakin Memburuk ,Keputusan Bupati Limapuluhkota ,Siswa Diliburkan Sekolah

Berdasarkan rapat koordinasi dengan sejumlah OPD terkait,masalah kabut asap yang semakin hari semakin tebal. Bupati Limapuluhkota melalui Sektretaris Daerah memutuskan untuk meliburkan anak didik dari sekolahnya mulai dari tingkat TK hingga SMA .

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota Hj.Indrawati yang dihubungi melalui sambungan telpon,Senin Pagi Sekitar pukul 9:30 menyampaikan ,hasil rapat yang dilakukan bersama Sekretaris Daerah serta dinas terkait dimana mulai hari Senin tanggal 23 hingga 25 September mendatang aktifitsa belajar mengajar disekolah diliburkan.

Sementara untuk tenaga pengajar atau guru Indrawati jelaskan mereka tetap masuk sekolah melaksanakan administrasinya. Masa libur ini, sekiranya tiga hari mendatang kondisi cuaca dan kabut asap sudah reda,maka kegiatan sekolah kembali dilakukan. Sebaliknya sekiranya kondisi kabut asap semakin memburuk maka libur sekolah diperpanjang untuk anak didik.

Berikut komentar Indrawati

Kabut Asap Semakin Tebal, Indrwati, Sejumlah Sekolah di Lima Puluh Kota Diliburkan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota Hj.Indrawati menyampaikan, melihat kondisi kabut asap yang kian makin pekat menyelimuti Kabupaten Lima Puluh Kota, dirinya menghimbau dan mengajak kepada semua guru disekolah untuk memperhatikan kesehatan anak didiknya. Sekiranya ada yang sakit akibat kabut asap agar segra membawa anak didik tersbut kepuskesmas terdekat, untuk diperiksa dan pengobatan.

Selain itu Indrawati juga menghimbau agar sekolah megurangi kegiatan diluar ruangan,dan mengajak anak didik untuk memakai masker. Terkait untuk diliburkan aktifitas belajar mengajar disekolah Indrawati sampaikan Dinas Pendidikan masih menunggu hasil keputusan Pemerintah Kabupaten atau Bupati.

Untuk beberapa sekolah di Kabupaten Lima Puluh Kota Kepala Dinas Pendidikan jelaskan, ada beberapa sekolah yang diliburkan. Karna daerah tersebut sangat berbahaya dan tebal kabut asapnya, yakni daerah Pangkalan dan Kapur Sembilan. Jika kondisinya sudah berubah Indrawati sampaikan pihak sekolah kembali melangsung proses belajar mengajar,dan ini sifatnya sementara dan berubah- ubah.

Berikut komentar Indrawati

Ribuan Santri ICBS Payakumbuh Gelar Sholat Istisqa

Ribuan satri sekolah ICBS Payakumbuh serta majlis gurunya langsungkan sholat Istisqa. Sholat Istisqa ini dilangsungkan karna sudah lebih dari satu minggu Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota diselimuti oleh kabut asap. Untuk mengurai dan menghilangkan kabut asap yang menyelimuti Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, sekolah ICBS Payakumbuh langsungkan sholat Istisqa.

Kepala sekolah SMP IT ICBS Kota Payakumbuh Eddi Rusdi Arrasydi menyampaikan melalui sholat Istisqa ini kita berharap dan memohon kepada Yang Kuasa, sambil mengangkat tangan dan berdo’a semoga Alloh menurunkan rahmat hujannya kepada kita.

Pelaksanaan sholat Istisqa ini dilakukan disemua komplek ICBS Payakumbuh, baik yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota secara serentak, Sabtu 21 September 2019. Disampaing memohon dan berdo’a kepada Yang Kuasa agar diturunkan rahmat hujannya, pelaksanaan sholat Istisqa ini juga sekaligus memberikan pendidikan kepada semua santri. Dengan harapan kelak mereka bisa melaksanakan dan mempraktekaanya,dikala musim kemarau yang panjang atau bencana kabut asap ini.

Berikut komentar Eddi Rusdi

Deni Asra Resmi Menjadi Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Masa Jabatan 2019-2024

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, mengelar Rapat Paripurna pengucapan sumpah dan janji Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota untuk masa jabatan 2019-2024. Acara berlangsung digedung DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat 20 September 2019. Rapat Paripurna dihadir Bupati,Wakil Bupati,Forkopimda, beberapa pimpinan DPRD sebelumnya,pimpinan kepala OPD,Camat dan Walinagari .

Rapat Paripurna dipimpin oleh pimpinan DPRD sementara Wendi Chanda . Berdasarkan Pasal 34 ayat (3) PP Nomor 12 tahun 2018 tentang penyusunan tata tertib DPRD , Wendi Chandra sampaikan dimana pimpinan sementara DPRD bertugas, memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

Setelah pengambilan sumpah dan janji selaku ketua pimpinan DPRD defenitif, yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pati yang diwakili oleh Hakim Senior Muhammad Iqbal Hutabarat, Deni Asra dalam sambutannya menyampaikan setelah pengambilan sumpah dan janji ini kedepan salah satu kerja DPRD yang mendesak yakni pembahasan APBD perubahan tahun 2019.

Pada hari yang bersejarah Jumat tanggal 20 September 2019 Deni Asra mengajak untuk menjadikan lembaga DPRD kedepannya yang modern dan maju. Marilah kita jadikan hari ini momentum untuk mewujudkan lembaga DPRD Limapuluh Kota ini yang modern dan maju yang merupakan refleksi dari pelaksanaan fungsi, wewenang, dan tugas DPRD yang bertujuan untuk membangun daerah Limapuluh Kota yang lebih maju dan unggul di berbagai bidang kehidupan.

Berikut komentar Deni Asra Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota

Puluhan Siwa dan Guru Derita Sakit Akibat Kabut Asap, Sekolah SDIT Mutiara Hati Gelar Sholat Istisqa

Sekolah SDIT Mutiara Hati Kota Payakumbuh gelar sholat Istisqa atau sholat minta hujan. Shoaat Istisqa digelar dihalaman lingkungan sekolah ,Kamis 19 September 2019. Sholat istisqa diikuti seluruh siswa baik SD dan SMP serta majlis guru sekolah Mutiara Hati.

Kepala sekolah SDIT Mutiara Hati Marnita Indra Dauly melalui sambungan telpon menyampaikan sholat Isitisqa ini dilangsungkan untuk meminta dan memohon kepada Yang Kuasa agar diturunkan hujan di Kota Payakumbuh. Hal ini dilakukan karna satau minggu belakangan ini Kota Payakumbuh diselimuti kabut asap yang cukup tebal. Akibatnya beberapa siswa menderita sakit akibat kabut asap ini.

Kepala sekolah jelaskan data terbaru yang dihimpun kamis pagi 19 September, siswa yang sekolah di Mutiara Hati mulai dari tingkatan TK SD dan SMP sebanyak kurang lebih 60 orang dan 12 guru. Dari 60 orang siswa tersebut, rawat inap satu orang dan selebihnya rawat jalan.

Adapun sakit yang dirasakan oleh siswa dan majlis guru, Marnita Indra Dauly sampaikan batuk,mata perih,kerongkongan sakit,serta yang lainnya. Untuk sementara tindakan yang dilakukan bagi siswa dan juga majlis guru yang sakit sekolah memberikan izin kepada mereka. Sedangak bagi siswa dan juga majlis guru yang tidak ada gejala sakit akibat kabut asap sekolah masih melakukan proses belajar mengajar, dan mengurangi kegiatan diluar ruangan.

Berikut komentar Marnita Indra Dauly

Bahas Kepemimpinan di Mata Milenial, Marandang Hadirkan Presiden dan Gubernur BEM

Radio Safasindo kembali menggelar dialog dan diskusi bersama narasumber yang bekopenten dibidang nya. Setelah sukes Program Marandang (Maota RingAn dan bincang-bincANG) yang pertama dengan menghadirkan Wakil Walikota,pada Program Marandang yang kedua, Selasa 17 September 2019 tim Radio Safasindo menghadirkan generasi muda yang didalamnya ada Ketua KNPI Kabupaten Lima Puluh Kota ,Ketua KAMMI,Gubernur dan Presiden BEM. Untuk melengkapi dan penyeimbangan dialog Radio Safasindo juga menghadirkan seorang pengamat.

Adapun tema yang diangkat Kepemimpinan Dimata Milenial. Tampil pemandu acara studio satu yola dan studio dua Adrian. Ketua KNPI Kabupaten Lima Puluh Kota Bambang Nasrul dalam komentarnya menyampaikan pemimpin itu harus berada di tengah, mampu mengambil keputusan dengan baik, dan menguntungkan masyarakat banyak.

Sementara Presiden BEM Politeknik Pertanian Negri Payakumbuh Alfi Abrar mengatakan belakangan ini kita melihat kaum milenial mulai muncul kepermukaan untuk mengkritisi masalah kepemimpinan. Kepemimpinan sekarang ini tidak sama seperti kepemimpinan yang lama. Dengan perkembangan teknologi yang pesat menuntut pemimpin untuk mengikutinya, ini menjadi hal-hal yang menjadi kritikan. Alfi Abrar tegaskan pemimpin harus profesional dan membuat visi misi yang sesuai, harus terbuka dengan kritikan yang masuk, serta mengikuti arus globalisasi.

Ketua KAMMI Daerah Luahk nan Bungsu Ilham Apreza mengatakan pemimpin harus bisa memberikan sesuatu yang nyata, bukan hanya janji. Milenial ingin pemimpin memberikan sesuatu yang jelas dan tidak banyak cerita, untuk kedepannya pemimpin juga harus sesuai dengan nilai-nilai keislaman, agar Indonesia bisa menjadi Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur.

Ali Namdi Siregar Gubenur BEM Fakultas Peternakan UNAND II Payakumbuh, sebagai mahasiswa atau agent of change,dirinya katakan kita tidak bisa pro terhadap salah satu lembaga. Pemimpin harus memiliki inovasi dan berpikir kreatif sehingga itu menjadi aksi yang nyata oleh seorang pemimpin. Pemimpin harus mengikuti perkembangan teknologi termasuk masyarakatnya. Pemimpin memang harus berbaur dengan masyarakat agar mengenal masyarakatnya sehingga mengetahui masalah yang ada ditengah-tengah masyarakat.

Jelang dialog dan diskusi ditutup Saiful Anwar selaku pengamat, menyampaikan dirinya apresiasi program Marandang yang dihadirkan oleh Radio Safasindo. Ini salah satu program yang bisa memberikan pelajaran yang baik dan mendidik kepada masyarakat. Terkait dari topik yang diangkat dan dari semua komentar yang telah disampaikan oleh masing-masing narasumber. Saiful Anwar jelaskan generasi milenial mereka harus mengikuti perkembangan politik.

Ditengan- tengah persoalan yang dihadapai saat ini,generasi milenial yang disibukkan dengan teknologi,hingga hampir tak peduli dengan lingkungan sosialnya. Agar tidak dibawa dan terpengaruh oleh perkembangan tersebut,generasi milenial mereka harus bisa memilah dan memilihnya. Kedepan Saiful Anwar berharap program Marandang ini bisa mengangkat topik yang lebih hangat dan narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Berikut komentar Saiful Anwar staf pengajar di Fakultas Ekonomi kampus UNAND II Payakumbuh