Bongkar Gudang Tuak, Tim 7 Payakumbuh Selematkan 750 Generasi Muda dari Minuman Terlarang

Sebanyak kurang lebih 750 generasi muda Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota diselamatkan oleh oleh Tim 7 Kota Payakumbuh dari minuman haram jenis tuak. Hal tersebut terjadi karna adanya penggrebekan oleh Tim 7 tempat pengolahan minuman tuak, yang berada di kelurahan Labuah Basilang Kecamatan Payakumbuh Barat hari ini, sekira pukul 10.30.

Dari hasil penggerebekan tersebut Tim 7 Kota Payakumbuh berhasil menggagalkan sebanyak kurang lebih 750 liter minuman tuak yang akan diedarkan di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, pada pergantian tahun baru.

Kasat Pol PP Kota Payakumbuh Devitra yang memimpin penggrebekan saat dihubungi mengatakan, penggerebekan berawal dari laporan masyarakat. Dikwatirkan nantik bisa terlambat maka Tim 7 langsung bergerak kelokasi yang disebutkan.

Dari hasil penggerebekan Tim 7 berhasil menyita sebanyak kurang lebih 4 drum besar tempat minuman tuak serta satu ember kayu aru seberat 5 kg untuk bahan pembuatan minuman tuak dan beberapa alat bantu lainnya. Untuk pelaku pengolahan minuman tuak tersebut, Devitra jelaskan kita akan memproses dengan mengajukan kebidang pidana untuk bisa memberikan efek jera bagi pelaku.

Berikut komentar Devitra

Undang Jurnalis Radio Se-Sumatra Barat, KPID Adakan Workshop Peningkatan Profesionalisme Jurnalis

Komisi Penyiaran Indonesia Sumatra Barat (KPID) adakan workshop peningkatan profesionalisme jurnalis radio se Sumatra Barat. Kegiatan acara berlangsung disalah satu hotel di Kota Padang, Senin 30 Desember 2019. Acara berlangsung selama satu hari dibuka oleh ketua KPID Sumbar Afriendi, di hadiri Kadis KominfoPropinsi Sumatra Barat Yeflin Luandri serta komisioner KPID ,Andres, Robet Cenedy dan Melani Frianti.

Kegiatan workshop diikuti sebanyak kurang lebih 50 jurnalis radio yang ada di Sumatra Barat. Kadis Kominfo Propinsi Sumatra Barat Yeflin Luandri dalam sambutannya meyampaikan dirinya ucapkan terimakasih kepada KPID yang telah melaksanakan workshop penguatan dan peningkatan profesionalisme jurnalis radio. Yeflin berharap melalui kegiatan workshop ini didapatkan nantik sebuah kesepakatan untuk kemajuan radio serta kemampuan teman-teman jurnalis radio dalam menyajikan berita dimedianya masing-masing.

Ketua KPID Sumatra Barat Afriendi dalam pembukaan acara workshop menyampaikan, kegiatan ini diadakan kusus untuk jurnalis radio se Sumatra Barat yang telah didata KPID. Workshop diadakan melihat banyak nya keluhan dari teman-teman radio di daerah terkait SDM khususnya jurnalis radio.

Dalam penguatan dan peningkatan profesional jurnlis ini, KPID menghadirkan narasumber sebanyak 2 orang yang sudah berpengalaman didunia jurnalis radio, yakni Harliantara selaku Presiden FDR Indonesia dan Pimpinan Redaksi Radio Elshinta.

Ketua KPID berharap melalui narasumber yang dihadirkan kawan-kawan jurnalis radio bisa menambah ilmu dan wawasannya khususnya dipemberitaan. Afriendi berharap kedepan semua kawan-kawan radio semuanya bisa memproduksi berita, bukan membanyakan berita orang, tapi ada hendaknya yang diproduksi oleh radio.

Berikut komentar ketua KPID Afriendi

Tujuh Propinsi Ikut Ramaikan Payakumbuh Open Archery 2019

Sebanyak kurang lebih 370 atlit panahan dari 7 propinsi berlaga untuk memperebutkan medali pada kegiatan Payakumbuh Open Archery 2019. Kegiatan acara berlangsung di lapangan Sari Bulan Sawah Padang Kecamatan Payakumbuh Selatan, Sabtu 28-29 Desember 2019.

Acara dibuka oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dan dihadiri ketua KONI diwakili Jondrizal serta Forkopimda Kota Payakumbuh.

Ketua Perpani Kota Payakumbuh H Suparman kepada media jelaskan dimana kegiatan acara ini salah satu dari rangkaian acara mengisi hari jadi Kota Payakumbuh yang ke 49. Selain itu juga untuk melihat kemampuan atlit panahan daerah kita.

Payakumbuh Open Archery 2019, Suparman jelaskan diikuti sebanyak 7 propinsi, Propinsi Riau, Bengkulu, Jambi, Batam, Sumatra Selatan, Sumbar dan Bali. Dengan jumlah peserta yang mengikuti ada lebih kurang 370 peserta.

Adapun yang diperlombakan ada sebanyak 7 macam perlombaan, yakni .
1. Divisi compound umum jarak 50 m
2. Divisi recurve umum jarak 70 m
3. Divisi nasional umum jarak 40 m
4. Divisi bare bow umum jarak 25 m
5. Divisi nasional usia 15 tahun jarak 20 m
6. Divisi nasional usia 10 tahun jarak 10 m
7. Divisi tradisional umum jarak 18 m

Berikut komentar ketua Perpani Kota payakumbuh H Suparman

Sampaikan Prestasi Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2019,Kabag Humas Langsungkan Jumpa Pers

Kabag humas dan protokoler Kabupaten Lima Puluh Kota adakan jumpa pers bersama awak media yang bekerja di Kota payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan acara berlangsung di aula eks kantor BP4K Tanjung Pati,Jum’at 27 Desember 2019. Acara dibuka dan dihadiri Bupati Lima Puluh Kota diwakil Asisten 1 Dedy Permana.

Adapun tujuan dari kegiatan acara untuk meningkatkan hubungan silaturrahim bersama awak media serta menyampaikan capaian prestasi Ka bupaten Lima Puluh Kota sepanjang tahun 2019 dan saling bertukar pikiran untuk kemajuan daerah Kabupaten Lima Puluh Kota kedepannya.

Mewakili Bupati Asisten 1 Deddy Permana dalam sambutannya menyampaikan dirinya ucapkan terimakasih kepada semua awak media yang telah menghadiri undangan dari Kabag Humas dan Protokeler, dalam membicarakan kerjasama tahun depannya serta menyampaikan prestasi Kabupaten Lima Puluh Kota sepanjang tahun 2019 ini. Tampa adanya pemberitaan dari kawan-kawan media Asisten 1 jelaskan tentu prestasi yang diraih tidak akan diketahui oleh publik banyak. Dengan telah di publisnya oleh kawan-kawan media prestasi yang diraih selama ini telah diketahui oleh masyarakat banyak, baik melalui media cetak,on line,radio dan tv.

Kabag Humas dan Protokoler, Hendra kepada awak media sampaikan dimana sepanjang tahun 2019 ini, prestasi yang diraih baik nasional dan propinsi ada sebanyak 29 prestasi, dari berbagai OPD. Diantara prestasi tersebut Hendra jelaskan, dari Badan Keuangan mendapat prestasi Opini Wajar Tampa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan RI, selanjutnya dari Dinas Perhubungan dapat prestasi IRSA atau Indonesia road Safety award atas salah satu dari 10 Kabupaten/Kota dengan tingkat kepadatan penduduk rendah oleh IRSA, dari DPPKBP3A dapat anugrah Kabupaten layak anak yang sebelumnya dari kategori pratama menjadi madya yang diserahkan oleh kementrian Pemeberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, serta prestasi lain nya .

Kedepan melalui jumpa pers ini Hendra terangkan saat wawancara, peranan media cetak, on line, tv dan radio agar terus ditingkatkan, selaku media kerjasama untuk memberitakan berbagai kegiatan dan prestasi yang diraih. Untuk tahun 2020 Hendra jelaskan dalam meningkatkan hubungan kerjasama, apa yang menjadi kendala tahun ini tahun depan dengan adanya peningkatan anggaran, apa yang kita harapkan bersama bisa terlaksana ditahun 2020.

Berikut komentar Hendra

Ketua MUI Kab Lima Puluh Kota : Kawal dan Beri Sangsi Bagi Pelanggar Himbauan Bupati

Payakumbuh-Diskominfo kabupaten lima puluh kota dibawah pimpinan Feri Chofa, S.H, LLM kembali adakan kegiatan talkshow media radio pada hari Kamis sore 26/12/2019 di radio Safasindo jalan hamka no 14 Kaning Bukit Payakumbuh. Nara sumber talkshow kali ini adalah pengurus Majlis Ulama Indonesia (MUI) kab lima puluh kota dan langsung ketua MUI H.Syafrijon Azwar, S.Ag yang menjadi narasumber di acara yang difasilitasi diskominfo ini dan bekerja sama dengan radio Safasindo FM.

“Dalam siklus 365 hari kita selalu menemui pertukaran tahun ini” demikian dikatakan ustad Syafrijon Azwar, S.Ag diawal dialog, dalam menyikapi himbauan bupati Lima Puluh kota no. 400/1923/KESRA-LK/2019 tentang pergantian tahun 2020 Masehi MUI berpendapat “kalau himbauan tersebut juga harus disertakan dengan pengawalan dan tindakan.” kata Syafrijon “pengawalan yang dimaksud, bagaimana mengaplikasikan himbauan itu oleh perangkat yang dibawahnya seperti camat dan wali nagari serta Satpol PP dalam hal ini selaku pengawal dan penegak perda Pemerintah.” sambung ustad Syafrijon “Para orang tua disini harus lebih berperan aktif bagi anak serta keluarganya, sebab semua pesan akan lebih efektif kalau orang tua memulai dalam keluarga.”

“Kemudian tindakan sangsi kepada tempat hiburan yang memfasilitasi seperti yang tercantum dalam himbauan bupati tersebut kalau ada yang melanggar harus diberi sangsi sesuai ketentuan.” kata Syafrijon lagi.

“Dan kita memberikan apresiasi bagi bupati, dan ini bukan hanya tanggung jawab kepala daerah saja, tapi tanggung jawab seluruh komponen termasuk ulama untuk membentengi diri masyarakat dari pengaruh luar yang tidak sejalan dengan adat serta kebiasaan kita sebagai seorang muslim.”tegas Syafrijon
” Tugas pemimpin itu memang menjaga masyarakat nya jangan sampai terjerumus pada hal maksiat dan perbuatan yang mubazir dalam hal amanah itu sudah dijalankan oleh H, Irfendi Arbi selaku kepala daerah di lima puluh kota.”
Dan kita ucapkan terimakasih sambung ustad yang sehari-hari bertugas di Kemenag ini.

Berikut cuplikan wawancara dengan H. Syafrijon Azwar, S. Ag…..

Nagari Batu Balang Langsungkan Batagak Pangulu

Nagari Batu Balang langsungkan helat Batagak Pangulu. Kegiatan acara berlangsung di balai adat setempat, Rabu 25 Desember 2019. Pada Batagak Pangulu ini Nagari Batu Balang melewakan atau meresmikan niniak mamak sebanyak 19 orang.

Hadir dalam kegiatan acara Bupati Limapuluhkota Irfendi Arbi,Wakil Bupati Ferizal Ridwan,Ketua LKAM, Kapolres, Dandim, Camat Kecamatan Harau serta tamu undangan lainnya. Jelang pelaksanaan peresmian Niniak Mamak, para Niniak Mamak diarak keliling kampung serta beberapa kegiatan yang lainnya.

Wali Nagari Batu Balang Dasril Syofiadi saat dihubungi menyampaikan, benar kemaren tepatnya hari Rabu Nagari Batu Balang melangsungkan kegiatan acara adat yakni melewakan niniak mamak Nagari Batu Balang sebanyak 19 orang. Kegiatan ini merupakan untuk membangkit batang tarandam, dimana semenjak dari 12 tahun sebelumnya kegiatan adat ini belum ada lagi diadakan.

Dengan telah diadakan acara prosesi melewakan dan meresmikan Niniak Mamak ini Dasril berharap, Niniak Mamak ini bisa melakukan tugasnya dengan baik, dan kepada semua masyarakat Nagari Batu Balang khususnya, semua masyarakat baik anak dan kemenakannya untuk bisa mematuhi Niniak Mamaknya.

Berikut komentar Dasril Syofiadi

Kesbangpol Payakumbuh Langsungkan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pemilu 2019 dan Persiapan Pilgub 2020

Kesbangpol Kota Payakumbuh langsungkan rapat evaluasi pelaksanaan pemilu tahun 2019 dan persiapan pemilihan gubenur tahun 2020. Rapat dilangsungkan disalah satu kafe di Koto Nan Ampek,Senin 23 Desember 2019.

Rapat evaluasi pelaksanaan pemilu tahun 2019 dan persiapan pemilihan gubernur tahun 2020 dihadiri Walikota diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Yoherman. Tim Pemantauan Pelaporan dan Evaluasi (PPE) Kota Payakumbuh dibawah koordinator Kesbangpol yakni jajaran intel polres,intel kejaksaan dan kodim. Selain itu rapat evaluasi juga dihadiri Kasat Pol PP Defitra serta camat se Kota Payakumbuh.

Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh Budi Dharma Permana saat dihubungi menyampaikan, dalam rapat evaluasi ini kita menghadirkan pemateri dari KPU dan BAWASLU, untuk menyampaikan dan memaparkan dari pelaksanaan pemilu tahun 2019 yang lalu.

Budi jelaskan acara dibuka oleh Walikota diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Yoherman. Paparan dan penyampaian oleh KPU dan BAWASLU, Kepala Kesbangpol sampaikan data-data tersebut akan dimamfaatkan untuk menyempurnakan pelaksanaan pemilihan gubernur nantik nya. Agar tercipta pemilihan gubenur yang kondunsif dan aman, serta wajib pilih terdata sesuai aturan.

Berikut komentar Budi Dharma Permana

Wakil Walikota Erwin Yunaz Buka Kejurda Shorijin Kempo

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz buka kejuaran daerah Shorijin Kempo Walikota Cup 1. Kegiatan acara berlangsung dilapangan tenis Kubu Gadang, Juma’at 20 Desember 2019.

Ketua panitia pelaksana Meizon Satria dalam laporannya menyampaikan, acara akan berlangsung selama 4 hari, mulai hari Jum’at 20 hingga 24 Desember nantik. Pada kejurda ini, kota dan kabupaten yang mengikuti ada sebanyak 14 daerah, dengan jumlah atlitnya sebanyak kurang lebih ada 200 orang.

Meizon jelaskan perlombaan ini diadakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Kota Payakumbuh yang ke 49. Pertandingan ini merupakan yang pertama diadakan di Kota Payakumbuh. Dalam perlombaan Meizon sampaikan ada pembagian pertandingan yakni randori (perkelahian bebas) dan EMBU (kerapian teknik/jurus-jurus Kempo).

Wakil Walikota Erwin Yunaz usai pembukaan acara kepada media jelaskan, ini merupakan kejurda pertama diadakan di Kota Payakumbuh, dirinya sampaikan acara ini dapat dukungan penuh dari Walikota Riza Falepi. Melalui olah raga, Erwin sampaikan sportifitas dikehidupan warga masyarakat akan terbentuk. Dan melalui semangat olah raga kita bangun kebersamaan untuk Indonesia maju.

Berikut komentar Erwin Yunaz

Longsor,Dua Nagari di Kecamatan Akabiluru Terkena Dampak Huja Deras

Dua nagari di Kecamatan Akabiluru terkena dampak hujan deras. Akibatnya sejumlah ruas jalan di 2 nagari tertimbun oleh material longsor. Selain longsor, dua nagari tersebut yakni Sariak Laweh dan Suayan juga terendam air.

Dari informasi camat Kecamatan Akabiluru yang dihubungi,Jum’at 20 Desember 2019 menyampaikan ,dampak hujan deras yang melanda Kabupaten Lima Puluh Kota malam tadi,mengakibatkan banyak daerah yang terkena bencana, salah satunya di Kecamatan Akabiluru.

Camat Khris La Deva jelaskan dimana akibat luapan air batang sinama sejumlah rumah warga terendam air, selain itu satu tempat ibadah tepatnya di Suayan yakni Mesjid Raya Suayan juga tergenang air. Sementara areal pertanian masyarakat juga banyak yang terkena banjir.

Selain terkena banjir, Khris La Deva sampaikan beberapa titik ruas jalan dan tebing sungai baik dinagari Suayan dan Nagari Sariak Laweh juga terdapat longsor. Sehingga badan jalan dipenuhi material tanah akibat longsor tersebut. Mengingat situasi cuaca yang masih belum reda hujannya, baik yang dihulu dan juga didaerah setempat, Khris La Deva menghimbau agar masyarakat, khususnya masyarakat di Kecamatan Akabiluru untuk tetap waspada, hal ini disampaikan untuk tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut komentar Khris La Deva

Hujan Deras, Dua Jorong di Nagari Tarantang Dilanda Banjir

Sebanyak kurang lebih 100 kepala keluarga di Nagari Tarantang Kecamatan Harau terkena dampak banjir. Seratus kepala keluarga tersebut terdapat di 2 joroang di Nagari tarantang, yakni Jorong Tarantang dan Jorong Lubuak Limpato. Dua jorong tersebut terendam air hingga mencapai ketinggian 1 m hingga 2 m.

Walinagari Tarantang Sudahri saat dihubungi melalui telpon gemgamnya, Jum’at pagi 20 Desember 2019 menyampaikan, dimana akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lima Puluh Kota malam tadi mengakibatkan luapan air hingga kepemukimam masyarakat.

Banjir yang melanda Nagari Tarantang ini merupakan kiriman air dari Kubang Balambak dan Hulu Air. Akibatnya, Sudahri jelaskan dua jorong terendam air, tepatnya di Kampung Sebrang Harau dan Kampung Kubang, ketinggian air mencapai 2 m.

Dampak dari bencana ini Walinagari sampaikan ada sebanyak kurang lebih 100 kepala keluarga tidak bisa menghuni rumahnya, karna rumahnya telah digenangi air. Sementara untuk hewan ternak masyarakat, ayam,itik dan kambing saat ini belum diketahui berapa banyak yang hilang akibat banjir. Untuk korban jiwa Walinagari jelaskan tidak ada.

Menyikapi musibah banjir ini Walinagari Tarantang Sudahri sampaikan, dirinya sangat berharap bantuan dari semua pihak untuk bisa membantu masyarakatnya yang terkena dampak banjir tersebut. Terutama kesedian air mineral dan makanan.

Berikut komentar Sudahri