Tingkatkan Kerja Sama,DPRD Payakumbuh Hearing Dengan Wartawan Luak Limapuluah

DPRD Kota Payakumbuh lakukan hearing atau rapat dengar pendapat dengan wartawan Luak Limopuluah. Kegiatan acara berlangsung di ruang rapat DPRD setempat kawasan Koto Nan Ampek, Payakumbuh Barat , Jumat 6 Desember 2019.

Kegiatan hearing tersebut dihadiri langsung oleh tiga pimpinan DPRD,serta Sekretaris dewan Api Jaya dan dua stafnya Jupiter dan Gusmardi.

Rapat dengar pendapat itu dipimpin langsung Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus, didampingi Wakil Ketua DPRD Wulan Denura dan Armen Faindal.

Ketua Balai Wartawan Luak Limopuluah diwakili Sekretaris BW Meddy Sulhendi wartawan Surat Kabar Harian Rakyat Sumbar mengapresiasi langkah DPRD Payakumbuh mengundang wartawan melakukan hearing untuk membahas kerja sama DPRD Payakumbuh kedepan.

Meddy Sulhendi sampaikan memenuhi undangan hearing dengan DPRD Payakumbuh, tujuannya untuk membangun kembali kerja sama antara DPRD Payakumbuh dengan para awak media.

Wakil ketua DPRD Kota payakumbuh Wulan Denura saat dihubungi menyampaikan, sengaja kita melakukan kegiatan agenda ini bersama seluruh organisasi wartawan luak limapuluah, untuk meningkatkan kembali kerjasama yang selama ini telah terbina. Sekaligus menampung masukan-masukan dari rekan-rekan awak media.

Wulan Denura jelaskan apa yang dibahas besama rekan media , kita tampung dan setelah ini, kami akan rapat kembali untuk melanjutkan langkah-langkah yang akan ditempuh agar kerjasama para awak media dengan DPRD kota Payakumbuh dapat terakomodir dengan baik. Dengan harapan semua kegiatan DPRD, kedepan bisa dinikmati dan diketahui oleh masyarakat banyak melalui pemberitaan yang disajikan oleh kawan-kawan media.

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh Gelar Botuang Festival 2019

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh gelar Botuang Festival. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Andiko Jumarel pada jumpa pers bersama awak media yang bertugas di Kota payakumbuh dan Limapuluhkota,Jum’at 6 Desember 2019 di Aula Ngalau Resto.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pemdua dan Olahraga Andiko Jumarel ,Kabid Kebudayaan Disparpora Nirdawati dan Kabid Humas Kota Payakumbuh Irwan Suawndi.

Kepala Dinas Pemdua dan Olahraga Andiko Jumarel menyampaikan kegiatan Botuang Festival tersebut merupakan bagian dari acara memeriahkan hari ulang tahun Kota Payakumbuh yang ke 49,tepatnya pada 17 Desember nantik. Berbagai kegiatan acara akan digelar jelang hari jadi Kota Payakumbuh,diantaranya Botuang Festival,Payakumbuh Fair, Payakumbuh Fashion Festival, dan Buru Babi ,Payakumbuah barolek godang serta beberapa kegiatan lainnya.

Andiko jelaskan kegiatan acara Botuang Festival ini sudah yang ketiga kali diadakan oleh Dinas Budparpora. Seperti tahun sebelumnya kegiatan acara diadakan di Panorama Ampangan. Acara akan berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu. Acara akan dibuka hari Sabtu 6 Desember sekitar pukul 10 pagi dan berakhir hari Minggunya.

Adapun target dan sasaran dari kegiatan ini bagaimana Botuang ini bisa menjadi komuniti untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ,bisa menjadi sebuah karya yang bernilai tinggi. Melalui kegiatan ini Andiko berharap masyarakat mereka bisa termotifasi untuk berkarya, menjadikan jenis bambu tersebut menjadi sebuah karya yang memiliki nilai ekonomi yang lebih baik lagi.

Berikut komentar Andiko Jumarel Kepala Dinas Pemdua dan Olahraga

Jumat Barokah Pemuda Beserta Camat Guguk Bagikan Sembako


Lima Puluh Kota- Mata Rina salah seorang warga jorong guguk nagari VIII Koto kecamatan Guguk Kabupaten Lima Puluh Kota bekaca-kaca pada Jumat 06/12/2019 pagi, saat rumahnya didatangi oleh pemuda-pemudi jorong guguk yang dikomandoi oleh Maskarida kepala jorong dan didampingi Yosrizal, S.H wali nagari Guguk VIII Koto serta Camat Guguk Wiradinanta, F, S.STP.

Rina yang memiliki tiga orang putra ini mengucapkan ” Terimakasih pada pemuda dan masyarakat jorong guguk dan perangkat Nagari atas kepedulian mereka membantu serta membagikan sembako,terimakasih pak wali, terimakasih pak Camat ” kata ibu tiga anak ini terbata-bata.
“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian pemuda beserta masyarakat jorong guguk pada warga yang kurang mampu ” demikian dijelaskan oleh Yosrizal walinagari Guguk VIII koto saat di wawancarai oleh reporter Safasindo yang juga didampingi kepala jorong guguk Maskarida.
” Kegiatan ini kita namakan Jumat Barokah, dan bagi-bagi sembako ini adalah salah satu dari beberapa program pemuda beserta masyarakat jorong Guguk ” demikian penjelasan walinagari muda ini. ”

” Untuk sumber dana kegiatan ini murni swadaya pemuda dan masyarakat baik yang ada di jorong guguk atau yang diluar kecamatan guguk pun banyak berkontribusi. ” Bahkan kegiatan ini mendapatkan suport dari perantau, kata Yosrizal menambahkan.
Pada Jumat Barokah 6/12/2019 ini pemuda jorong guguk menyerahkan bantuan sembako pada dua keluarga kurang mampu yang mendapatkan bantuan, satu lagi yaitu nenek Juli lansia yang sudah berumur 90 tahun lebih.

Dan Wiradinanta Camat Guguk ketika diwawancarai saat penyerahan sembako pada pagi itu ” Sangat mendukung kegiatan pemuda jorong guguk ini, semoga ini bisa menjadi pemicu gerakan serupa bagi pemuda di Lima Puluh Kota ” kata pak Camat

” Tentunya pemkab dalam hal ini Camat sebagai perpanjangan tangan bupati sangat mengapresiasi gerakan Jumat Barokah ini, dan akan mencoba mengusulkan ke dinas terkait untuk juga bisa mendukung gerakan ini dan bersama pemuda dalam memberantas kemiskinan. ” Bagaimanapun salah satu gerakan yang dikampanyekan pemerintah adalah pengentasan kemiskinan. ” demikian dikatakan Camat yang energik dan murah senyum ini mengakhiri.

Berikut cuplikan wawancara dengan Wiradinanta, F, S.STP……