Antisipasi Tidak Terjadi Banjir, Polsek Payakumbuh Serta Masyarakat Bersihkan Aliran Sungai Batang Sinamar

Menyikapi informasi perkiraan cuaca dari BMKG pusat, dimana awal tahun 2020 ini cuaca dan curah hujan tinggi, Polsek Payakumbuh dan anggota Sabhara Polres Payakumbuh lakukan goro bersama membersihkan aliran sungai Batang Sinamar, tepatnya di Jorong Koto Baru Parumpuang, Minggu 12 Januari 2020.

Kegiatan goro tersebut dipimpin langsung Kasat Sabhara AKP Aknopildo, kegiatan bersih-bersih aliran sungai tersebut dimulai sekitar jam 09.pagi dan berakhir jelang waktu Dzuhur.

Turut hadir dalam bersih-bersih tersebut Kapolsek Payakumbuh AKP Afrinal Lubis,BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota,Danramil beserta anggota Koramil, Muspika kecamatan serta masyarakat setempat.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan melalui Kapolsek AKP Afrinal Lubis menyampaikan, goro bersama ini dilakukan karna melihat kondisi aliran sungai banyak pohon yang tumbang yang terbawa arus masuk kedalam sungai, hal tersebut mengakibatkan arus sungai menjadi tidak lancar.

Melalui inisiatif bersama Muspika kecamatan, kita melakukan pencegahan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan atau banjir, Alhamdulillah dengan goro bersama terse but aliran sungai lancar kembali.

Wali Nagari Koto Baru Simalanggang Purwanto saat dihubungi menyampaikan dirinya sangat berterimkasih kepada TNI Polri dan BPBD Kabupaten yang telah melakukan goro bersama, dalam membersihkan aliran sungai Batang Sinamar.

Berikut komentar Purwanto

Dalam 5 detik Barang Milik Korban Raib Digondol Maling , Kapolres Payakumbuh , Barang Berharaga Jangan Simpan Dalam Jok Motor

Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Dony Setiawan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan menyimpan barang berharga dalam jok motor. Hal tersebut disampaikan pada jumpa pers bersama awak media, Sabtu Malam di Polres Payakumbuh , terkait penangkapan motif baru, pencurian barang berharga yang disimpan dalam jok motor.

Dalam keterangan pelaku saat memperagakan pencurian yang dilakukan nya, pelaku sebelumnya mengawasi atau melihat orang yang menyimpan barang berharga dalam jok motor. Selanjutnya pelaku akan memarkir kendraannya didekat motor tersebut, setelah merasa aman pelaku melakukan aksinya. Dengan meletakkan tas diatas motor tersebut agar masyarakat tidak menaruh juriga. Kemudian pelaku menginjak motor korban, terus mengangkat jok motor selanjutnya mengambil barang yang tersimpan didalamnya. Dalam aksinya pelaku hanya butuh 5 detik, barang milik korban sudah bisa diambilnya.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan didampingi Waka Polres, Kompol Arie Nugroho dan Kasat Reskrim AKP Ilham Indarmawan, Kasat Intel Iptu Luhur Fakhri, Kabag Sumda Kompol Rusirwan dalam jumpa pers tesebut jelaskan, pelaku baru beraksi di Kota Payakumbuh sekitar 4 bulan.

Pelaku pencurian barang dalam jok motor ini ditangkap, berdasarkan informasi dari masyarakat dan juga korban. Pelaku dengan inisial Wendi Pratama umur 32 tahun, warga kelurahan Payobasuang Kecamatan Payakumbuh Timur tersebut, mengaku dapat ilmu cara mengambil barang dalam jok motor dari you tube.

Adapun motor yang mudah digasak oleh pelaku jenis motor matic, seperti Mio dan Beat, sementara untuk N-Max ter bilang susah, selain matic jenis motor vega dan supra juga bisa digasak oleh pelaku.

Dari aksinya pelaku telah mendapat uang puluhan juta rupiah serta beberapa buah HP dan ATM. Dari kejahatan yang dilakukannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 dengan ancaman 7 tahun penjara. Dari keterangan pelaku pencurian tersebut, Kapolres AKBP Dony Setiawan menghimbau, agar masyarakat jangan menyimpan barang berharga dalam jok motor. Karna penyimpanan barang dalam jok motor tidak terbilang aman.

Berikut komentar Kapolres AKBP Dony Setiawan