Walinagari Situjuah Batue, Nilai Semangat Gotong Royong Batagak Pangulu 2,3 M

Ribuan Masyarakat Nagari Situjuah Batue tumpah ruah menyaksikan alek Batagak Pangulu. Alek nagari diadakan disamping Kantor Walinagari setempat, Senin 13 Januari 2020. Kegiatan alek Batagak Pangulu tahun ini cukup berbeda dan istimewa dari tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut disampaikan oleh ketua panitia acara Darussalim Dt Paduko Sindo saat wawancara bersama awak media .

Datuak Paduko Sindo jelaskan dimana kegiatan alek nagari Batagak Pangulu tahun ini merupakan kegiatan yang dinanti-nantikan oleh anak kemenakan dan masyarakat Nagari Situjuah Batue. Karna sudah ada lebih 50 tahun Batagak Pangulu tidak diadakan sejak dari tahun 1961,baru tahun ini diadakan yang begitu meriah dan sangat luar biasa.

Kemeriahan itu Dt Paduko Sindo jelaskan bisa kita lihat dari antusias masyarakat yang datang,serta tamu undangan istimewa yang menghadiri acara batagak pangulu. Selain itu kekompakan masyarakat juga terlihat, semangat gotong royong untuk mensukseskan acara alek nagari ini.

Ditempat yang sama Walinagari Situjuah Batue Dt Tan Marajo
jelaskan seperti yang disampaikan oleh ketua panitia acara, alek Batagak Pangulu ini pelaksanaannya betul meriah. Disamping dihadiri masyarakat dan tamu undangan para jurnalispun banyak yang menghadiri untuk meliput kegiatan acara. Hal tersebut dapat dilihat dimana prosesi acara Batagak Pangulu arak iriang yang dilakukan pada hari Minggu beritanya sudah banyak yang beredar.

Walinagari sampaikan kemeriahan dan kesuksesan acara ini tak terlepas dari kekompakan dan semangat semua unsur masyarakat, begitu juga dengan perantau. Dengan saling bahu membahu satu sama lain, kegiatan acara dapat dilaksanakan dengan baik, melalui swadaya serta sumbangan masyarakat dan perantau. Alhamdulillah seperti yang kita saksikan, Walinagari sampaikan semuanya senang dan bergembira.

Terkait nilai dari semua yang dilakukan masyarakat dan perantau, Walinagari sampaikan nilai semangat kegotong royongan ini diperkirakan ada sekitar 2,3 milyar. Dengan telah dikukuhkan pangulu sebanyak 47 orang tersebut Walinagari berharap, pangulu ini dapat mengajak anak nagari dan semua anak kemanakan untuk peduli ke nagari.

Berikut komentar Walinagari Dt Tan Marajo