Peduli Warga, Rumah Piak Uuik Dibersihkan Dari Penumpukan Sampah

Sebanyak kurang lebih 10 truk tumpukan sampah barang plastik telah menggunung dirumah Nur atau Piak Uuik, yang berada di Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo Payakumbuh Utara. Guna mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan dan diduga juga ada hewan yang berbahaya berdiam ditumpukan sampah tersebut, pemerintah Kota Payakumbuh melalui dinas terkait, lakukan penertipan dan pembersihan tumpukan sampah yang berada dirumah Piak Uuik.

Tumpukan sampah tersbut merupakan hasil dari pencarian Piak Uuik yang bekerja sebagai pemulung sudah bertahun-tahun. Melihat kondisi Piak Uuik yang kian hari tidak terawat serta mengalami gangguan jiwa, pemerintah Kota Payakumbuh lakukan pengobatan terhadap Piak Uuik dan juga anaknya ke Rumah Sakit HB. Sanin Padang.

Pembersihan tumpukan sampah tersebut dilakukan oleh Pol PP Payakumbuh, Dinas Lingkungan Hidup, serta dinas dan instansi yang terkait lainnya.

Kasat Pol PP Payakumbuh Devitra saat dihubungi menyampaikan, pembersihan ini dilakukan sesuai dari perintah pimpinan, agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan dan berdampak kewarga sekitar dari tumpukan sampah tersebut. Pembersihan dilakukan setelah yang bersangkutan diantar berobat ke Kota Padang.

Kedepan setelah dibersihkan, Pemerintah Kota melalui dinas terkait yakni Lingkungan Hidup, akan mengembalikan uang dari ganti sampah yang dibersihkan, setelah ibu dan anak tersebut kembali dari berobat. Tidak hanya itu, Devitra juga sampaikan yang bersangkutan juga direncanakan, nantik akan dibuatkan rumah yang layak huni.

Berikut komentar Devitra

Deni Asra Jadi Irup, Upacara Ziarah Dimakam Pahlawan Situjuah Gadang Berjalan Khidmat

Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra pimpin upacara ziarah makam pahlawan di Situjuah Gadang, Kecamata Situjuah Lima Nagari. Kegiatan upacara berlangsung Rabu, 15 Januari 2020. Upacara dihadiri tokoh-tokkoh masyarakat, niniak mamak,alim ulama , bundo kanduang, serta pemuda dan pelajar SD,SMP serta SMA. Pelaksanaan upacara dari awal hingga akhir berjalan dengan baik dan khidmat.

Ketua DPRD Deni Asra saat dihubungi jelaskan peristiwa Situjuah ini merupakan suatu peristiwa yang harus diketahui tidak hanya oleh masyarkat Situjuah namun juga masyarakat Limapuluhkota, Sumatra Barat hingga Nasional. Karna peristiwa tersebut juga merupakan salah satu perjuangan dari pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.
Usai kegiatan upacara Ketua DPRD serta rombongan lakukan temu ramah dengan warga setempat. Dari temu ramah tersebut Deni Asra jelaskan, masyarakat berharap kedepan makam pahlawan tersebut untuk dapat diperbaiki.

Disamping itu masyarakat juga berharap agar kedepan pelaksanaan upacara peringatan peristiwa Situjuah ini, bisa dilaksanakan bergilir seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Menyikapi dari harapan masyarakat tersebut, kedepan Ketua DPRD sampaikan dirinya serta anggota DPRD lainnya akan membicarakan dirapat DPRD nantiknya, sementara untuk dana anggaran kita akan coba lakukan pada perubahan nantik, melalui dinas terkait.

Agar peristiwa Situjuah ini bisa diketahui oleh masyarakat banyak Deni Asra jelaskan kedepan perlu ada perbaikan, dan diinformasikan oleh dinas terkait. Ketua DPRD berharap kedepan Limapuluhkota memiliki ikon salah satunya PDRI.

Berikut komentar ketua DPRD Deni Asra