Benahi Berbagai Persoalan, Komisi I Kunjungi OPD Mitra Kerja

Menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di Organisasi Perangkat Daerah, DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota yang tergabung di Komisi I lakukan kunjungan kerja ke OPD mitra kerjanya. Kunjungan tersebut untuk melihat dan mengetahui lebih jauh persoalan yang dialami oleh OPD tersebut.

Kunjungan kemitra kerja Komisi I dihari kedua, Komisi I bersama Ketua DPRD selaku koordinator, mengunjungi Disdukcapil dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari. Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh ketua Komisi I Asrul, selasa 21 Januari 2020.

Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra saat dihubungi menyampaikan, jelang mengunjungi Dinas PMN rombongan Komisi I mengunjungi Kantor Disdukcapil. Dari hasil pantauan dilapangan Deni Asra jelaskan banyak hal yang harus dibenahi di Kantor Disdukcapil, diantaranya persoalan tenaga kerja yang bertugas, hampir semua tenaga yang bertugas dioperator pengurusan eKTP pegawainya THL, selanjutnya terkait server yang sudah terlalu tua serta komputer, mesti segera di perbaharui untuk kelancaran pelayanan kepada masyarakat. Kendati demikian secara prinsip dari hasil wawancara dengan masyarakat, Deni Asra sampaikan pelayanan sudah baik.

Sementara pada Dinas PMN Ketua DPRD dan Komisi I melihat kondisi bangunan kantornya cukup memprihatinkan, banyak atap yang bocor, tidak ada penyimpanan arsip yang layak, ruang pertemuan yang sempit serta kondisi lain yang butuh perbaikan. Disamping itu kendaraan operasional untuk mengunjungi 79 nagari tidak memadai, serta anggaran pembinaan nagari yang sangat minim.

Dari hasil kunjungan kerja DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota selama dua hari ini , baik dari Komisi I,II dan III , Deni Asra sampaikan kita akan lakukan kajian mendalam dimasing-masing komisi, untuk dijadikan rekomendasi kepada pemerintah daerah, untuk jadi acuan dalam menyusun rencana APBD tahun 2021.

Berikut komentar Deni Asra