AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

2191 Siswa SD dan SMP Dapat Bantuan Beasiswa , Bupati: Selain ASN BAZNAS Juga Harus Incar Zakat Pengusaha

2 Mins read

Sebanyak 2191 siswa SD dan SMP se Kabupaten Limapuluh Kota dapat bantuan beasiswa dari BAZNAS Limapuluh Kota. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Safaruddin ke Kepala Dinas Pendidikan setelah diterima Bupati dari Pimpinan BAZNAS, Selasa 23 Agustus 2022.

Penyerahan bantuan pendidikan tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati dihadiri Bupati,Kepala Dinas Pendidikan,pengurus BAZNAS dan seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pimpinan BAZNAS Limapuluh Kota yang diwakili oleh Wakil 1 H.Nursal mengatakan dalam sambutannya, pada tahun ini ada sebanyak 2191 siswa kita tingkat SD dan SMP menerima bantuan biaya pendidikan.

“Bantuan yang kita berikan ini bersumber dari dana zakat ASN di Limapuluh Kota dan juga dari pihak yang lain. Untuk potensi zakat di Limapuluh Kota diperkirakan ada mencapai lebih kurang 28 miliar. Dari jumlah tersebut target kita sekitar 7 miliar bisa dikumpulkan, namun dari yang telah dilakukan tahun ini baru bisa dicapai sekitar 2 miliar lebih,”kata H.Nursal.

H.Nursal jelaskan dari total 2 miliar itu sekitar 50% itu diserap untuk membantu biaya pendidikan anak didik kita di Limapuluh Kota. Sementara sisanya digunakan untuk membantu lansia,bantu orang sakit,kemanusian bencana, untuk dakwah, panti dan yang lainnya.

Kedepan agar mamfaat penerima zakat ini bisa lebih banyak penerimanya dan jumlah nominalnya juga lebih bermamfaat, H.Nursal berharap melalui Bupati dan juga Kepala Dinas Pendidikan kedepan semua ASN bisa menyalurkan zaktnya ke BAZNAS Limapuluh Kota.

Menyikapi hal tersebut Bupati Limapuluh Kota dalam sambutannya menyampaikan, bersama Dinas Pendidikan dan juga yang lainnya kita akan upayakan hal tersebut. Kepada semua Kepala Sekolah yang hadir Bupati jelaskan, zakat merupakan suatu kewajiban kita dalam membersihkan harta kita.

“Semua sekolah yang ada SD dan SMP siswanya telah ada menerima bantuan pendidikan dari BAZNAS kendati belum semuanya bisa diwujudkan karna jumlah zakat yang diterima belum banyak,”kata Bupati.

Bupati jelaskan, zakat yang diberikan oleh guru, itu kita kembalikan kepada anak didik kita yang kurang mampu. Kedepan kita berharap nominal yang diberikan jumlahnya bisa lebih banyak, kalau jumlah warga yang miskin bisa ditekan jumlahnya.

Bupati berharap warga masyarakat jangan hendaknya bermalas karna sudah dapat bantuan, namun lebih giat dan bisa memamfaatkan bantuan itu untuk kemajuan dan pertumbuhan ekonomi melalui usaha yang dibantu.

Agar zakat ini bisa lebih banyak terkumpul, Bupati berharap BAZNAS jangan hendaknya berpatok kepada ASN saja, namun juga bisa merambah kepada pengusaha-pengusaha yang ada di Limapuluh Kota dan juga yang dirantau.

Kepala Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota Indrwati jelaskan, dari total 2191 anak didik kita yang menerima bantuan biaya pendidikan ini, untuk anak SD itu ada sebanyak 2000 orang sementara untuk SMP 191 orang. “Adapun jumlah bantuan yang diterimanya, anak SD sebanyak Rp.200.000 persiswa dan SMP Rp.400.000 persiswa,”kata Indrawati.

Berikut komentar Bupati

Related posts
Berita UtamaSafasindo News

IK Pelko Dumai Dilantik, 2 Pimpinan Daerah Luak Limapuluah Kompak Minta Komitmen Perantau

2 Mins read
Ikatan Keluarga Perantau Limapuluh Kota dan Payakumbuh (I.K Pelko) Kota Dumai yang memayungi perantau Luak Limopuluah diminta berkomitmen tampil sebagai pemersatu perantau…
AudioLimapuluh KotaSafasindo News

Bupati Safaruddin Buka Pencanangan Gerakan Vaksinasi Massal PMK

1 Mins read
Dalam menekan peningkatan dan mencegah meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi akhir-akhir ini. Penyakit pada hewan ternak tersebut disebabkan oleh…
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Altoyo Resmi Jadi Ketua Pengurus UPZ Nagari Sarilamak, Ini Pesan Yulius Kepada Pengurus UPZ yang Dilantik

1 Mins read
Altoyo resmi dilantik jadi ketua pengurus Unit Pengumpul Zakat Nagari Sarilamak. Dalam tugasnya pengumpulan zakat di Nagari Sarilamak, Altoyo dibantu oleh 2…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *