24 Tahun Tak Adakan Batagak Pangulu,Nagari Aur Kuning  Adakan  Baralek Gadang

24 Tahun Tak Adakan Batagak Pangulu,Nagari Aur Kuning Adakan Baralek Gadang

Nagari Aur Kuning adakan baralek gadang,dalam mengukuhkan dan melewakan pangulu dinagari tersebut. Sebanyak 12 pangulu akan dikukuhkan dibalai adat nagarian Aur Kuning. Acara perhelatan batagak pangulu akan diadakan selama dua hari Sabtu dan Minggu. Jelangan pelaksanaan batagak pangulu acara dimeriahkan dengan penampilan seni tradisional randai yang diadakan Jum’at malam 23 Agusutus 2019.

Ketua KAN kenagarian Aur Kuning Bujang M Nur Dt. Paduko Marajo disela menyaksikan seni tradisional randai menyampaikan, acara ini salah satu dalam memeriahkan batagak pangulu,sekaligus untuk menghibur masyarakat. Acara batagak pangulu tahun ini ketua KAN jelaskan, ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat,kenapa tidak, karna terakhir diadakan dinagari Aur Kuning ditahun 1995,artinya sudah ada 24 tahun berlalu dan baru tahun ini dilaksanakan kembali.

Melalui acara batagak pangulu ini ketua KAN berharap ini bisa mengangkat kembali seni dan tradisi budaya kita,melalui niniak mamak yang baru nantik Dt Paduko Marajo berharap niniak mamak tersebut bisa mengajak anak kemenakannya untuk mengembalikan kembali nilai-nilai adat dinagari Aur Kuning.

Berikut komentar Bujang M Nur Dt. Paduko Marajo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *