AudioKota PayakumbuhNasionalPendidikanSafasindo NewsSumbar

Adakan Lomba Baca Puisi Tingkat Nasioanal, RKI Kota Payakumbuh dan Pustaka 22 Serahkan Hadiah Kepemenang di Radio Safasindo FM

1 Mins read

Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Kota Payakumbuh dan Pustaka 22 serahkan hadiah kepemenang lomba Baca Puisi Tingkat Nasional yang diadakan secara virtual. Penyerahan hadiah dilangsungkan di Radio Safasindo FM Kota Payakumbuh, sekaligus menampilkan baca puisi oleh pemenang, Sabtu 4 September 2021.

Linda Wati salah seorang panitia pelaksana lomba mengatakan, hari ini kita menyerahkan hadiah kepemenang pemuncak dan juga harapan 1,2 dan 3, lomba Baca Puisi Tingkat Nasional.

Linda jelaskan dimana kegiatan lomba ini kita adakan bulan agustus kemaren, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang 76. Adapun puisi yang kita lombakan adalah karya Chairul Anwar yakni Kerawang Bekasi. Kegiatan lomba ini merupakan kerjasama Rumah Keluarga Indonesia dengan Pustaka 22 , media partner Radio Safasindo FM Payakumbuh.

Untuk peserta Linda sampaikan itu umum, namun mereka harus tampil berdua, apakah ibu dan anak, guru dengan murid atau paman dengan keponakan. Awalnya Linda jelaskan, lomba diadakan tingkat Kota dan Kabupaten, karna banyak teman-teman dari luar Sumatra yang mau ikut, maka lomba diadakan tingkat Nasional.

Kenapa tampil berdua atau berpasangan, Linda katakan disini kita ingin melihat keakraban mereka. Karna tujuan dan sasarannya adalah membangun keakraban dan kedekatan antara ibu dan anak, guru dengan murid atau paman dengan keponakan, sekaligus membumikan kegiatan literasi.

Dapat kita lihat saat ini, kemajuan teknologi telah mengubah gaya hidup kita, begitu juga dengan hubungan ibu dan anak dan yang lainnya. Melalui lomba ini kita ingin membangun kedekatan mereka tersebut, sekaligus menumbuhkan minta baca mereka.

Untuk penilaian Linda katakan, masing-masing peserta mereka mengirim videonya kemedia sosial mereka, dengan memberikan kode atau menandai panaitia. Selanjutnya dewan juri akan menilai masing-masing pasangan tersebut dengan penilaian yang telah ditentukan oleh juri. Adapun jurinya itu kita ambil dari Kota Padang.

Alhamdulillah kegiatan lomba yang kita adakan dari awal hingga akhir berjalan dengan baik, dan untuk pemenangnya juara 1 dan 2 diraih oleh Kota Payakumbuh dan juara 3 diraih oleh Kabupaten.

Berikut komenta Linda Wati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *