AudioSafasindo News

Antisipasi Covid -19, Wabup Mengajak Nagari Lockdown Mandiri

1 Mins read

Guna mengantisipasi penyebaran virus covid-19, Wakil Bupati Ferizal Ridwam mengajak nagari untuk lakukan lockdown mandiri. Hal tersebut dilakukan Wabup, agar seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di pusat ibukota maupun dipedesaan, bisa secara dini untuk mengontrol masuknya warga perantau yang ingin pulang kampung.

Ajakan ini supaya nantik rakyat jangan mati bergelimpangan karena keterbatasan perlengkapan kesehatan.

Wakil Bupati Ferizal Ridwan saat dihubungi menyampaikan, hal tersebut kita lakukan untuk mewanti-wanti terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan nantiknya. Dengan melakukan lockdown mandiri ini, secara tidak langsung kita telah berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid -19.

Terkait ajakan tersebut Wabup sampaikan kita telah menghimbau kepada seluruh camat dan Wali Nagari untuk segra lakukan penutupan akses lalu lalang atau mobilisasi keluar masuk penduduk. Ferizal Ridwan jelaskan terutama bagi nagari-nagari yang akses keluar masuknya satu perlintasan.

Wabup sampaikan seperti , Solok Bio Bio, Harau , Simpang Kapuak, Talang Maur, Kec Mungka,Gelugur, Koto Lamo Kapur 9, Durga Akabiluru, Ampalu Lareh Sago Halaban, Maek Bukik Barisan, Talang Anau Gunuang Omeh, Ladang Loweh Situjuah dan beberapa daerah lainnya.

Nagari nagari tersebut memungkinkan untuk mandiri untuk menutup pintu masuk masyarakat dari berbagai daerah,dan nagari tersebut sangat mudah dijangkau karena demografisnya.

Wabup terangkan lockdown nagari mandiri ini dilasksanakan melalui piket, gotoroyong dan memfungsikan kekuatan yang ada, seperti petugas kesehatan, pemuda, tagana, linmas dan lain lain. Setidaknya dengan mengontrol dan mencatat masyarakat yang keluar masuk dari suatu daerah sehingga terpantu aktifitas rakyat.

Untuk biaya dalam menjalankan roda kegiatan tersebut , Wabup sampaikan bisa dibebankan pada APB nagari atau sumbangan serta swadaya dari masyarakat setempat.

Berikut komentar Wabup Ferizal Ridwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *